Ongkos Politik Memberatkan Kandidat Calon Kepala Daerah

0
227

RADAR PALEMBANG – Tingginya cost politik dalam pesta demokrasi bukan lagi rahasia umum, karena untuk maju sebagai kandidat kepala daerah maupun wakil Kepala daerah modal yang dikeluarkan sangat besar, bukan hanya untuk sosialisasi namun untuk mendapatkan perahu partai politik tidak lah kecil.

“Dengan ongkos yang besar maka sangat¬† memberatkan para kandidat, beban para kandidat juga besar,”kata Wakil Ketua DPD PAN, M Syarif kepada Radar Palembang, Kemarin (4/11).

Dengan cost yang besar tersebut jelas merugikan calon kandidat karena mereka harus mencari modal dengan menghutang untuk kebutuhan operasional maupun untuk mendapatkan dukungan parpol.¬† “Maka para kandidat sudah pasti akan berfikir bagaimana cara melunasi hutang-hutangnya dengan cara apapun juga,” ujar dia.

Persoalan lainnya adalah, tertutupnya peluang bagi yang tidak memiliki kesanggupan untuk membayar ongkos meski mereka visioner, jujur dan berkualitas untuk menjadi seorang pemimpin.

Dengan demikian, ongkos (mahar politik) yang sangat tinggi, jelas adalah cara yang tidak sehat karena telah menyakiti dan mencederai system demokrasi oleh 2 hal.

“Yang pertama, berpotensi melakukan korupsi setelah terpilih. Kedua, menutup peluang bagi mereka putra — putri terbaik bangsa yang tidak cukup banyak memiliki kekayaan tetapi memiliki kompetensi dan kemampuan yang layak membenahi dan memperbaaiki bangsa ke depan,” tukasnya.(zar).

 

LEAVE A REPLY