Musi III – V Dibangun 2020

0
186

 

RADAR PALEMBANG, SUKSES menggarap jembatan Musi IV, pemerintah pusat tengah mempersiapkan pembangunan dua jembatan lainnya di Palembang. Kedua jembatan yang dimaksud yakni jembatan Musi III dan V. Rencananya, pembangunan dua jembatan tersebut bakal dimulai 2020 mendatang.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Nasional (P2JN), Dadi Muradi mengatakan pembangunan jembatan Musi III sudah masuk salah satu program BBPJN Wilayah V. Saat ini, pembangunan jembatan masih masuk tahap usulan program rencanan strategis Bina Marga 2020-2024.

“Jembatan Musi III juga sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) kota Palembang. Lokasinya di Pulau Kemaro,” katanya, kemarin.

Desain yang disiapkan untuk pembangunan jembatan tersebut immersed tunnel atau penyeberangan bawah tanah. “Jadi bukan jembatan atas tapi terowongan. Keunggulannya itu tidak membutuhkan lahan yang banyak seperti pembangunan jembatan atas Sehingga dari sisi biaya pembebasan lahan sudah dipastikan lebih murah,” katanya.

Dijelaskan, untuk desain jembatan saat ini belum dirancang. Dadi menuturkan pihaknya masih akan melakukan feasibility study (FS) terlebih dahulu sebelum menentukan desain yang akan dibangun. “Desain belum. Perlu FS dulu,” katanya.

Sementara untuk pembangunan jembatan Musi V akan dimasukkan ke dalam bagian Tol Kapal Betung yang saat ini sedang dibangun PT Waskita Karya. “Musi V masuk dalam ruas jalan tol Palembang Betung. Pembiayaannya dari pengembang,” katanya.

Dadi menuturkan dalam masterplan pengembangan wilayah Palembang, Betung, Indralaya dan Kayu Agung. Kota Palembang membutuhkan 9 jembatan Musi. Ini untukmemecah konsentrasi kendaraan yang diprediksi kepadatannya meningkat seiring tahun.

“Sekarang sudah ada 4 jembatan. Jadi tinggal 5 jembatan lagi yang harus dibangun. Tetapi perencanaannya akan disesuaikan dengan pengembangan daerah,” katanya.

Terpisah, Kepala Divisi VI PT Waskita Karya (Persero) Tbk Gunadi Soekarjo mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus mengerjakan main road Tol Kapal Betung. Progres fisik per 14 Januari  2019 mencapai 61,99 persen di luar Interchange atau akses keluar masuk jalan tol. “Ditargetkan untuk badan jalan selesai April mendatang,” katanya.

Tol tersebut akan memiliki 8 jembatan termasuk salah satunya Jembatan Musi V. Namun, pembangunan jembatan tersebut akan masuk dalam prioritas kedua. “Jembatan Musi 5 masuk. Penyelesaiannya prioritas ke dua. Kami masih fokus membangun badan jalan,” katanya. (tma)

 

 

LEAVE A REPLY