Minta Pemerintah Bentuk BUMD Perkebunan

0
161

RADAR PALEMBANG – Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel meminta kepada pemerintah provinsi untuk mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perkebunan. Dengan adanya BUMD Perkebunan dapat menjual maupun mendistribusikan hasil perkebunan masyarakat ke pangsa pasar yang telah ditentukan.

“Dengan adanya BUMD Perkebunan ini hasil dari perkebunan masyarakat dapat dibeli maupun dipasarkan,”kata wakil ketua komisi II DPRD Sumsel, Sujarwoto kepada Radar Palembang, Kemarin (15/8).

Pihaknya telah berulang kali memberikan masukan secara langsung kepada pemerintah provinsi melalui dinas perkebunan.¬† Karena BUMD Perkebunan ini sangat penting bagi masyarakat. ”Jika ada BUMD maka dapat mengontrol harga di pasaran, sehingga distribusi hasil perkebunan seperti karet tidak melibatkan tengkulak lagi,”kata Sujarwoto.

Oleh karena itu pemerintah harus memiliki inovasi agar harga karet yang turun ini ada solusi. Karena begitu tinggi masyarakat Sumsel yang berlatar belakang petani karet. “Bukan hanya itu saja petani juga harus memperbaiki kualitas hasil dari karet itu sendiri, jika kualitasnya¬† baik maka akan semakin baik juga harga di pasaran,”kata Sujarwoto.

Tingginya masyarakat yang beralih profesi dari petani menjadi buruh karena harga karet tidak menjanjikan lagi. Lebih baik petani menjadi tukang bangunan ketimbang menyadap karet. “Wajar jika banyak lahan perkebunan yang dijual dengan murah. Karena petani tidak begitu berharap banyak terhadap harga karet,”kata dia.

Oleh karena itu dengan adanya Inovasi dari pemerintah. elemen lainnya maka secara bertahap harga karet dapat diteken. Tentu banyak kajian dan pertimbangan. (zar)

 

LEAVE A REPLY