Minat Masuk Polsri Meningkat 15 Persen

0
249
Dr Ing Ahmad Taqwa, MT, Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) saat memberikan keterangan pers

Peminat 30 Ribu, Kuota 2.700

RADAR PALEMBANG –  Peminat Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang meningkat 10—15 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini total peminat ada sebanyak 30 ribu orang, sedangkan kuota hanya sebanyak 2.700 orang untuk semua jalur.

‘’Kita pihaknya sudah melakukan penerimaan mahasiswa baru dengan jalur undangan, dan sudah menerima sebanyak 1.080 orang. “Nah sisanya ada sebanyak 1.700 kuota lagi untuk jalur SBMPTN dan mandiri,” jelas Dr Ing Ahmad Taqwa, MT, Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri).

Lanjutnya, tingginya minat masyarakat yang ingin masuk ke ke Polsri tahun ini diduga karena kesulitan untuk masuk kedunia kerja setelah lulus sekolah. “Untuk jalur mandiri kami menyiapkan kuota sebanyak 700 an orang. Untuk jalur mandiri kami siapkan lebih banyak untuk Kelompok Jadwal Pembelajaran (KJP) II,” terangnya.

Ada hal yang berbeda disaat penerimaan mahasiswa baru di jalur SBMPN disaat pandemi tahun ini, yaitu semua menggunakan sistem online. “Seperti jalur SBMPN yang biasanya ada ujian tertulis di tahun ini kami tiadakan, dan diganti dengan test wawancwra secara online karena Covid 19,”katanya.

Masih sama seperti tahun ini, jurusan yang paling banyak diminati oleh pendaftar adalah jurusan akuntansi, administrasi bisnis dan sipil. “Tahapan ada 6 jenis ujian yang pertama verifikasi data, test peminatan, test kompetensi, uji asah bidang pengembangan dan wawancara,” katanya.

Dia berharap untuk mahasiswa yang lulus nantinya untuk juga mengutamakan soft skill karena mahasiswa tidak hanya butuh skill saja. “80 persen kontribusi untuk karier seseorang adalah soft skil, karena IPK tidak selalu selaras dengan karier seseorang karena IPK hanya untuk pintu masuk karier saja,” pungkasnya.(spt)

LEAVE A REPLY