Merah Simbol Keberuntungan

0
193

 

 

 

RADAR PALEMBANG, -Warna merah sangat identik dengan Tionghoa terutama pada

perayaan Tahun Baru Tionghoa atau Imlek. Ternyata ada filosofi di balik warna itu. Warna merah berarti keberuntungan atau keselamatan untuk tahun baru.

“Sedangkan warna kuning keemasan dalam kebudayaan Tionghoa melambangkan kehangatan, kemakmuran, kesejahteraan, kekayaan dan kebahagiaan,”kata Harun Humas Tridarma Komda Sumsel

Menurut Harun, beberapa hari sebelum perayaan Tahun Baru Tionghoa , warga keturunan Tionghoa biasanya membersihkan rumah dan menghiasinya dengan beragam pernak-pernik berwarna merah. “Beragam dekorasi berwarna merah yang menghiasi rumah, melambangkan harapan adanya keberuntungan, kemakmuran dan kesejahteraan di tahun baru,”ucapnya lagi.

Harun mengatakan, literatur lokal menambahkan pakaian dan atribut berwarna merah dalam kebudayaan Tionghoa , khususnya pada perayaan Tahun Baru Tionghoa selain melambangkan kekuasaan, vitalitas dan Kebahagiaan juga bertujuan mengusir kekuatan atau energi negatif di tahun yang baru.

“Warga Tionghoa juga menempelkan slogan atau puisi disertai gambar di depan pintu, yang juga dicetak dalam warna merah. Maksudnya untuk menghadang kekuatan jahat agar tidak masuk ke rumah yang bersangkutan,”katanyua.

Harun menjelaskan, kalau di Tionghoa bagian utara, termasuk Beijing, warga juga menempelkan kreasi guntingan kertas berwarna merah berbentuk hewan atau tanaman, yang melambangkan segala harapan baik di tahun baru.

Tak hanya itu, warna merah juga digunakan untuk lampion atau lentera yang digantungkan di beranda rumah, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, toko, pasar dan lainnya.

Bahkan amplop berisi uang yang diberikan orang tua atau yang dituakan kepada anak atau yang lebih muda, juga berwarna merah dengan aneka gambar binatang yang melambangkan Tahun Ayam Api.

“Amplop merah berisi uang melambangkan harapan orang tua atau yang dituakan agar anak atau kerabat yang lebih muda mendapat keberuntungan, kemakmuran dan kebahagiaan di tahun baru,’ujarnya.(sep)

LEAVE A REPLY