Menteri BUMN Instruksikan Percepat Infrastuktur

0
510

 

RADAR PALEMBANG – Di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah provinsi Sumsel dalam rangka mempersiapkan tuan rumah perhelatan akbar Asian Games 2018, Sumsel mendapat dukungan dari Menteri BUMN Rini M Soemarno.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan bahwa dirinya mendukung Sumsel menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Maka dari itu, pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan harus dipacu terkait penunjukkan daerah ini sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Pemerintah akan mendorong pembangunan infrastruktur di daerah ini agar cepat rampung, sehingga sebelum Asian Games berlangsung infrastruktur di Sumsel sudah siap,” jelas Rini, Rabu (29/7).

Dia mengatakan, Palembang harus betul-betul menyiapkan semua infrastruktur seperti bandara, jalan tol Indralaya, serta LRT. Semua proyek tersebut adalah infrastruktur pendukung guna memacu terlaksananya Asian Games mendatang.

“Pembangunan tol Indralaya dan LRT harus lebih dipercepat, mengingat Sumsel menjadi salah satu tuan rumah Asian Games. Namun, Gubernur Sumsel Alex Noerdin telah menyampaikan bahwa secara teknis pembangunan jalan tol Indralaya menjadi lama, karena tanah tersebut adalah tanah gembur sehingga membutuhkan waktu untuk mengeluarkan airnya selama empat bulan,” jelas dia.

Dikatakannya, untuk pengerjaan fisik bangunan dari Palembang ke Indralaya masih dalam proses pengerasan dari ketinggianm tanah. Dan diharapkan sepanjang 5 km sudah siap bangun “Untuk permulaan, baru 5,5 km yang bisa diselesaikan, namun kami akan menargetkan akhir tahun 2016 pembangunan selesai,” jelasnya.

Ditambahkannya, pembebasan lahan saat ini baru 7 km yang terselesaikan. Namun, sepanjang 5,5 km sedang dalam proses pembayaran. “Kami tidak perlu hawatir dengan anggaran karena ada beberapa perusahaan yang bersedia menyertakan modal,” tegasnya.

Dia mengatakan, untuk pembangunan LRT adalah prioritas pertama pemerintah. Namun untuk saat ini sedang dalam proses menyiapkan Kepres untuk pembangunan LRT tersebut. “Mungkin dua atau tiga bulan lagi Kepres akan selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, Sumsel sekarang sedang dalam proses memaksimalkan pembangunan menghadapi Asian Games 2018 mendatang. “Pembangunan jalan tol Palembang – Indralaya akan segera dimulai, namun sekarang tinggal menunggu proses pembayaran ganti rugi lahan saja,” jelasnya.

Dikatakannya, tahap awal pihaknya akan membangun proyek tol Indralaya yang pertama di Sumsel. Februari tahun depan sepanjang 5 Km dari depan kampus Unsri sampai ke Palembang diharapkan selesai. “Sepanjang 5 Km jalan sudah bisa dipakai. Ini adalah langkah awal kami, selanjutnya kami akan melanjutkan pembangunan Palembang – Betung, Palembang – Tanjung Api-api dan Palembang – Lampung,  dan semua harus selesai sebelum Asian Games 2018,” pungkasnya (adv/spt)
 

LEAVE A REPLY