Mengenal HSK Sertifikasi Resmi Berbahasa Mandarin

0
110

RADAR PALEMBANG– Dengan perkembangan ekonomi dunia saat ini, kemampuan berbahasa Mandarin menjadi kebutuhan di berbagai aspek, seperti bisnis dan pendidikan. Memiliki kemampuan berbahasa Mandarin dapat memperluas kesempatan untuk belajar (terutama ke Tiongkok), mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, serta mempermudah dalam membangun dan menjalankan bisnis.

Banyak perusahaan yang tidak segan menawarkan gaji lebih, untuk pegawai yang menguasai bahasa ini. Berbanding lurus dengan kebutuhan, minat untuk belajar bahasa Mandarin pun juga ikut meningkat; termasuk dari warga yang non keturunan sekalipun.

Uniknya, sertifikat bahasa Mandarin bagi bukan penutur asli, tidak bisa didapat atau dikeluarkan di sembarang sekolah, lembaga kursus, maupun sekedar les privat. Hanya ada 1 (satu) sertifikasi valid untuk membuktikan kemampuan bahasa Mandarin; yakni dengan mengikuti dan lulus tes HSK.

Penyelenggara resmi tes HSK adalah Confucius Institute Headquarter, atau yang disingkat Hanban. Hanban telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan di seluruh dunia dalam penyelenggaraan tes ujian HSK. Ujian HSK ini dibuka secara umum, dan bisa diikuti siapa saja yang berminat untuk menjalani tes.

Bahkan, bagi mereka-mereka yang tidak pernah belajar Mandarin secara resmi pun (belajar otodidak, atau belajar dari orang tua di rumah) bisa mengukur kemampuannya dalam berbahasa Mandarin lewat tes ini. Sertifikasi HSK ini memiliki fungsi yang SAMA dan SETARA dengan tes TOEFLIELTS untuk bahasa Inggris. Sertifikatnya merupakan pengakuan yang sah untuk kemampuan berbahasa mandarin seseorang. (ti)

 

LEAVE A REPLY