MBI Palembang Gelar Magha Puja dan Peringati HUT SAGIN ke 61

0
305

RADAR PALEMBANG, – Mejelis Buddhayana Indonesia (MBI) Palembang menggelar kegiatan Magha Puja sekaligus peringatan hari Sangha Indonesia (SAGIN) ke 61 di Yap Ballroom jalan Inspektur Marzuki Palembang Minggu (9/2/2020)

Ketua Vihara Dharmakirti Tono Alamsyah Anton didampingi Ketua MBI Kota Palembang Sukartek dan Ketua panitia pelaksana Nelly Chandra

Ketua Yayasan Buddhakirti Palembang Tono Alamsyah Anton didampingi Ketua MBI kota Palembang Sukartek dan Nelly Chandra Ketua panitia pelaksana mengatakan, kegiatan INI dimulai pukul 15.00 wib wib hingga selesai. “Umat yang hadir sekitar 300 orang dari 4 vihara dan 2 persamuan yang ada di kota Palembang,”katanya.

Tono menjelaskan tentang Magha Puja yang merupakan salah satu dari empat hari besar bagi umat Buddha. Sama halnya dengan hari besar lainnya seperti Tri Suci Waisak, Kathina dan Asadha. “Magha Puja merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Agama Buddha yang terjadi di bulan Purnama,”ujarnya.
Menurut Anton, ada 4 peristiwa penting yang membuat Hari Magha Puja menjadi begitu istimewa dan unik. Pertama, pada saat itu sebanyak 1250 orang Arahant (orang yang mencapai tingkat kesempurnaan batin tertinggi) tanpa diundang, berkumpul untuk menemui Sri Buddha di Vihara Veluvana (Hutan Bambu), di Rajagaha, Magadha.
Kedua, kelompok Arahant tersebut merupakan siswa Sri Buddha yang ditahbiskan sendiri oleh Sri Buddha dengan penahbisan (upasampada) dengan perkataan mengundang: “Ehi, Bhikkhu” (“Kemarilah, Bhikkhu”).
Ketiga, pada kesempatan tersebut Sri Buddha membabarkan Nasihat Menuju Pembebasan yang isinya merupakan prinsip-prinsip ajaran para Buddha. Nasihat ini sama seperti yang tercantum dalam Dhammapada 183, 184, dan 185. “Keempat, keseluruhan peristiwa tersebut terjadi di hari yang sama pada hari bulan purnama di bulan Magha setelah masa vassa (retret musim hujan) yang pertama,”ucapnya.
Sementara itu, dikegiatan Magha Puja ini juga digelar Dhamma talk yang disampaikan oleh Bikkhuni Thitacarini. (sep)

sep)

LEAVE A REPLY