Mahasiswa Minta Surat Imbaun  Gubernur Soal Keringanan SPP  Dikawal DPRD 

0
267
Forum Mahasiswa Peduli Sumsel saat menyampaikan surat permintaan agar ada Penguatan terkait Surat Himbauan Gubernur tentang peringanan Biaya Kuliah UKT/SPP bagi Mahasiswa

RADAR PALEMBANG – Forum Mahasiswa Peduli Sumsel yang terdiri dari beberapa Organisasi Mahsiswa mengirimkan surat DPRD SUMSEL untuk meminta Penguatan terkait Surat Himbauan Gubernur tentang peringanan Biaya Kuliah UKT/SPP bagi Mahasiswa.

Rudianto Widodo Ketua FANS maksud dan tujuan inisiasi menyampaikan surat ke DPRD adalah berisi pertanyaan tentang kekuatan Surat Himbauan Gubernur dan Upaya apa yang dilakukan DPRD untuk membantu menyelamatkan Sektor Pendidikan.

Mepihaknya akan berupaya serta berjuang dalam menyelamatkan Pendidikan ditengah Pandemi Covid-19. “Terkhususnya, permasalahan Biaya Kuliah yang hari ini wajib dibahas dengan serius, mengingat dampak pandemi kepada sektor ekonomi yang membebankan orangtua Mahasiswa,” kata Widodo, kemarin.

Penambahan tanggapan tentang permasalahan biaya kuliah di perguruan tinggi maupun swasta se Sumatera Selatan di sampaikan oleh beberapa perwakilan mahasiswa.

Amir Iskandar selaku Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi mengatakan,Surat himbauan Bapak gubernur harus benar-benar dikawal bersama, karna itu akan berdampak positive terhadap mahasiswa serta sekaligus membawa angin segar.

Selama covid-19 banyak sekali keresahan keresahan masyarakat terutama mahasiswa, bagaimana tidak selama pandemi covid – 19 di Sumatera Selatan tidak ada sama sekali bantuan atau keringanan dalam pembayaran spp/ukt, harusnya kampus mengerti dan paham atas situasi yang terjadi.

“Gubernur jangan hanya berjanji saja, tapi harus segera merealiasikan secara intens terhadap PTN khususnya PTS. Bila perlu wujudkan kembali pendidikan gratis seperti gubernur sebelumnya,” kata Amir.

Pihaknya menghimbau kepada Pemerintah Provinsi dan DPRD SUMSEL untuk Serius dan Berperan penting selaku pemangku jabatan dan pemilik kuasa dalam menangani Covid-19 di Sumatera Selatan yang kian hari makin mencekam. Saatnya menguji solidaritas kita semua dalam melawan covid-19 dan fokus memperhatikan semua sektor terkhususnya ekonomi dan pendidikan yang terdampak pandemi.

Ketua DPRD Sumsel RA  Anita Noeringhati mengatakan bahwa sesuai dengan surat Imbaun gubernur Sumsel yang meminta kepada PTS untuk meringankan SPP bagi para mahasiswa terutama bagi para orang tua mahasiswa yang terkena dampak covid 19.

“Diutamakan bagi para mahasiswa yang orang tuanya terkena dampak covid 19, lebih prioritas bagi mahasiswa yang terdampak langsung,”kata Anita usai melakukan pertemuan dengan perwakilan mahasiswa dari PTS, Kamis (4/6).

Untuk itu, dilanjutkan DPRD Sumsel akan menganggarkan bagi para mahasiswa tersebut melalui dana APBD yang akan dialokasikan oleh pemerintah provinsi namun kosan besarnya akan dibahas bersama dengan Disdik pemerintah provinsi.(zar) 

 

 

 

LEAVE A REPLY