Mahasiswa FKUI Raihan Medali Emas

0
279

+ Dalam Ajang Perlombaan Biologi Sintetis di Amerika Serikat

RADAR,PALEMBANG – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali mengukir prestasi pada ajang perlombaan International Genetically Engineered Machine (iGEM) 2019 yang berlangsung pada 31 Oktober-4 November 2019 di Boston lalu, Amerika Serikat.
iGEM merupakan kompetisi biologi sintetis terbesar di dunia yang diadakan oleh the iGEM Foundation dan mengikutsertakan 375 tim dari lebih dari 100 negara.
Tim yang dibimbing oleh Dr dr Budiman Bela, SpMK(K), diketuai oleh Refael Alfa Budiman (FK 2017) dan Gilbert Lazarus (FK 2017), serta beranggotakan Eko Ngadiono (FK 2017), Elvan Wiyarta (FK 2017), Tannia Sembiring (FK 2016), Aditya Parawangsa (FK 2018), Raysha Farah (FK 2017), Khairunnisa Farina Ilato (FK 2016), Syailendra Karuna Sugito (FK 2018), Muhammad Farel Ferian (FK 2016), Vina Margaretha Miguna (FK 2017), dan 4 mahasiswa fakultas lain ini berhasil meraih Gold Medal melalui proyek
How I Met Diphtho.
Sebuah inovasi alat diagnosis difteri yang diharapkan mampu mendeteksi toksin difteri secara cepat, akurat, dan tersedia secara luas, sehingga mampu menanggulangi KLB difteri yang telah berulang kali terjadi di Indonesia.
“Pengalaman membanggakan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi sivitas akademika FKUI lainnya untuk terus mengukir prestasi,”kata Budiman.
Sementara itu, Raysha Farah (FK angkatan 2017) mengucapkan terimakasih kepada para dosen yang selama ini memberikan bimbingan dan pelajaran sehingga FK meraih prestasi pada ajang tersebut.

“Ini berkat kerjasama yang baik antara temen-temen, penghargaan ini sangat berharga bagi kami,”kata putri Anggota DPR RI Hafisz Tohir ini.(zar)

LEAVE A REPLY