LPSDK PDIP dan Siska Marleni Tertinggi

0
619

 

 

 

RADAR PALEMBANG, RP – Berdasarkan Laporan Penerimaan Sumbangan dana Kampanye (LPSDK) dari partai politik, tim pemenangan capres dan calon anggota DPD tahap kedua, PDIP paling tinggi Rp 2,1 Miliar. Disusul oleh Hanura Rp 2  miliar dan Golkar Rp 1,5 miliar.

“Dari LPSDK yang kami terima PDIP tertinggi kemudian yang ke 2 Hanura dan ke 3 Golkar,”kata kata Komisioner KPU Sumsel divisi hukum dan pengawasan, Hepriyadi, kepada Radar Palembang, Kemarin (3/1).

Selanjutnya, untuk calon DPD Siska Marleni paling tinggi LPSDK petahana tersebut mencapai Rp 1,2 miliar, sedangkan untuk tim daerah capres-cawapres kosong. Nantinya, laporan ini akan diaudit oleh lembaga independent.”Setelah ini akan ada laporan terakhir yang akan berlangsung 14 hari setelah hpencoblosan,”kata Hepriyadi.

Pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh peserta pemilu karena telah mengikuti sesuai dengan tahapan yang ditetapkan, karena dengan adanya LPSDK ini pihaknya dapat mengetahui dana yang masuk dan keluar sebagai peserta pemilu.“Dalam waktu dekat hasil ini akan langsung diserahkan kepada KPU RI,”ujar dia.

Terpisah, Bendahara PDIP Sumsel Yudha Rinaldi mengatakan, LPSDK yang dilaporkan kepada KPU tersebut dari 15 caleg PDIP sedangkan jumlah caleg PDIP untuk DPRD Sumsel sebanyak 75 caleg.

“Kami pastikan LPSDK terakhir akan mengalami kenaikan, karena laporan caleg nanti bukan berupa tunai namun juga berupa barang yang harus dilaporkan kepada KPU sebagai penyelenggara,”kata Yudha.

Menurut Yudha, dana LPSDK yang mencapai Rp 2,1 miliar tersebut sepenuhnya diserahkan kepada caleg untuk keperluan baik itu membuat spanduk maupun sosialisasi berupa pertemuan terbatas yang semuanya membutuhkan dana.

 

 

Belum Terima Sumbangan

 

Sementara itu, berdasarkan  LPSDK untuk Capres dan Cawapres di OKU Timur yang disampaikan oleh masing-masing penghubung Capres-Cawapres, hingga kini belum ada sumbangan maupun dana kampanye yang diterima oleh pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga Salahudin Uno.

Ketua KPUD OKU Timur Rialdi SSos didampingi Kasubbag Hukum Didi Suryadi SSos mengatakan, LPSDK untuk pasangan Capres-Cawapres sudah diserahkan oleh tim penghubung masing-masing pasangan calon. Berdasarkan LPSDK yang diterima KPUD OKU Timur, untuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin total penerimaan berupa barang senilai Rp 12.320.000 sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno hingga kini nihil.

“Seluruh laporan diterima dan diversifikasi. Selanjutnya hasil rekap ini akan diserahkan ke KPU Provinsi. Setiap laporan yang disampaikan oleh masing-masing penghubung pasangan Capres-Cawapres kita terima,” ujarnya kepada wartawan kemarin (3/1).

Sebelumnya, seluruh Parpol peserta Pemilu yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan sesuai jadwal berlaku pada Rabu 2 Januari 2019 dengan batas akhir penyerahan pukul 18.00 Wib sudah menyerahkan  LPSDK. Sebab jika tidak melaporkan sanksinya calon dari partai tersebut akan digugurkan.

Selanjutnya, LPSDK ini akan diserahkan ke KPU Provinsi. “Karena itu kita ingatkan seluruh Parpol peserta Pemilu di daerah kita untuk segera menyerahkan LPSDK karena jika tidak menyerahkan sanksinya tegas,” tegasnya.

Terpisah Sekretaris  DPD Partai Golkar OKU Timur A Jamil Nasurion SP, menambahkan Partai Golkar sudah menyerahkan LPSDK untuk Pileg. Jumlah dana yang ada sebesar Rp 369 juta lebih bersumber dari seluruh Caleg. Namun dari luar Caleg belum ada. Jumlah Caleg untuk DPRD  kabupaten 27 orang, Caleg DPRD provinsi Dapil IV ada 6 orang, dan untuk Caleg DPR RI Dapil II 9 orang. “Berdasarkan hasil verifikasi KPU secara administrasi Partai Golkar lengkap,” ungkapnya. (zar/awa)

 

 

LEAVE A REPLY