Lawan Kuryana,  Edy Harus Bekerja Ekstra Keras

0
245

RADAR PALEMBANG – Pasangan calon bupati-calon wakil bupati Edy Yusuf-Hilman harus bekerja ekstra keras untuk meraih kemenangan pada pilkada OKU yang akan berlangsung pada Desember nanti. Pasalnya, lawan yang dihadapi Paslon petahana Kuryana dan Johan Anwar kekuatan luar biasa.

“Incumbent memiliki pertahanan yang sangat kuat. Dia menguasai birokrasi dan elektabilitas yang tinggi di tengah masyarakat,” kata pengamat politik Universitas Sriwijaya (Unsri) Andries Lionardo, kepada Radar Palembang, kemarin (10/7).

Menurut Andries paslon petahana akan lebih diuntungkan ketimbang penantang. Oleh karena itu penantang harus menawarkan program yang dapat nilai jual di tengah masyarakat OKU.

Di sisi lain tantangan paslon ini sangat berat dari sisi dukungan parpol. Militansi pendukung PKB dan Hanura tidak mengakar dibandingkan partai besar seperti PDI-P, dan Golkar. “Ini juga harus menjadi catatan bagi paslon, bagaimana memanfaatkan mesin partai semaksimal mungkin untuk mendongkrak suara,”kata Andries.

Selain itu, Hilman harus memiliki kapital dan jaringan sosial yang harus dibangun sejak lama untuk dapat mendongkrak suara pada pemilihan nanti.

Namun sebagian loyalis Edy masih ada.  Dia adalah mantan bupati dan wagub Sumsel sehingga ada sebagian besar yang akan memilih Edy karena inggin perubahan maupun pembaharuan di kabupaten OKU.

Di sisi lain, Kuryana adalah Ketua DPD Nasdem sedangkan Johan Kader Golkar yang memiliki jaringan sudah sangat kuat. (zar)

 

 

LEAVE A REPLY