Latih Kesabaran dan Berkesadaran Jiwa

0
4553

 

RADAR PALEMBANG- Secara serentak ratusan muda-mudi dari Keluarga Budhayana Indonesia (KBI) Kota Palembang mengikuti gerakan dari bhiksu saat digelar retret di Driving Range Golf Palembang, kemarin (30/3). Bahkan sebelumnya, terlebih dahulu diberikan pemahaman terkait makna kehidupan dari para bhante dari Sangha Agung Indonesia (Sagin). 

“ Total yang ikut serta dan terdaftar ada 118 orang. Namun karena ada yang mengundurkan diri, akhirnya yang ada sekarang sekitar 101 orang saja. Walaupun begitu, mereka ini mendapatkan penggemblengan keagamaan dari bhante yang ada,” kata Ketua Panitia Retret, Erwin Salim SE di sela-sela kegiatan, kemarin.

Disebutkannya, nantinya setelah mengikuti latihan pernafasan, pembacaan sutra dan budhadarma, peserta retret juga diajak untuk bermeditasi. “ Peserta ini juga akan dipondokkan. Karena memang, kegiatan ini dilaksanakan selam 4  hari 3 malam. Jadi yang pulang berarti mengundurkan diri,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Sumsel, Hindra Lili mengatakan, kegiatan retret ini dilaksanakan setiap tahun terutama di kalangan generasi muda. Bahkan ada tujuan penting dari kegiatan ini, dimana nantinya siswa yang ikut serta akan makin sabar dan sadar dalam semua aktifitas kehidupan.

“ Mereka ini akan dilatih kesabaran dan berkesadaran. Jadi tidak hanya sadar terhadap diri sendiri, tapi juga terhadap lingkungan dan alam semesta. Diharapkan nantinya, mereka ini benar- benar menjadi generasi muda yang handal dan memiliki kecakapan dala berpikir, berbuat dan bertingkah laku. Sekaligus juga menjadi bagian dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas,” terangnya.

Yang juga tidak kalah penting, diakuinya, peserta retret ini juga diwajibkan untuk mondok atau menginap. Tujuannya tidak lain, dapat makin mendalami apa yang diajarkan. “ Mereka juga diberikan kesempatan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan peserta lainnya, sebab tidak semua peserta ini saling mengenal,” tandasnya.(sep)

LEAVE A REPLY