Kurangi Ekspansi Kantor Cabang, Bank Berhemat

0
398

           

Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 7 Sumbagsel menilai, ekspansi pembukaan kantor cabang baru di wilayah Sumsel masih tergolong sedikit, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

RADAR PALEMBANG – Kepala OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel, Lukdir Gultom mengatakan, kondisi saat ini dinilai kurang menguntungkan bagi industri perbankan. Sementara pertumbuhan ekonomi di Sumsel relatif membaik.

OJK mencatat hingga Juni 2016, jumlah kantor cabang baru di Bumi Sriwijaya yang telah memperoleh izin hanya tiga kantor cabang. Jumlah itu, jauh menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang total mencapai 12 cabang untuk bank konvensional. “ Sementara untuk syariah sendiri tercatat baru ada 2 cabang baru, sementara tahun sebelumnya ada tiga cabang” katanya.

Meski demikian, bukan berarti pasar Sumsel dianggap tidak potensial untuk dikembangkan. Melainkan, menurutnya perbankan saat ini tengah berhemat dan lebih mengedepankan program Laku Pandai untuk dikembangkan. “ Biaya yang dikeluarkan akan jauh berbeda ketimbang membuka kantor cabang baru di suatu daerah yang terpencil atau sulit diakses,” katanya.

Menurutnya, faktor jumlah penduduk Sumsel yang mencapai lebih dari 8 juta jiwa merupakan potensi besar dan menjadi peluang tersendiri bagi pelaku industri perbankan yang beroperasi di Tanah Air. “Selain itu, sumber dana dan penyaluran kredit, terutama untuk UMKM, potensinya relatif besar, sehingga bank melihat itu peluang sangat bagus untuk masuk dan bersaing di Sumsel,” katanya.

Dengan banyaknya pelaku perbankan yang menyasar pangsa pasar UMKM, menurut dia, akan menguntungkan para pelaku UMKM karena dampak persaingan tersebut. “Saya melihat dari sisi positifnya. Mereka bersaing di sana akan memberikan pelayanan semakin bagus. Dan harga kredit pun semestinya bersaing untuk lebih menguntungkan UMKM,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, tetap optimis pertumbuhan kredit perbankan tahun ini tetap terjaga. Apalagi perekonomian Sumsel mulai menunjukkan tanda-tanda membaik.

Selain itu, sejumlah bank umum saat ini mulai menurunkan bunga kredit seiring menurunnya suku bunga acuan BI menjadi 6,75 persen. “Penurunan bunga kredit tersebut diharapkan mampu meningkatkan permintaan kredit masyarakat dan risiko kredit bermasalah lagi bisa ditekan,” katanya. (tma)

 

Jumlah Kantor Cabang Perbankan di Sumsel

           

Pebankan                    s.d Juni 2016             2015               

Bank Umum                3 Kantor                      12 Kantor

Bank Syariah               2 Kantor                      3 Kantor

 

LEAVE A REPLY