Kunjungan Wisatawan Menurun

0
64
Area perkebunan teh Pagaralam, salah satu objek wisata favorit yang dikunjungi. Tahun jumlah kunjungan wisatawan ke sana menurun drastis sebagai efek Covid-19

RADAR PALEMBANG – Sejak diberlakukannya new normal atau tatanan kehidupan baru selama masa pandemi virus corona, sepanjang tahun 2020 tercatat ada penurunan kunjungan wisatawan di Kota Pagaralam.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Ahmad Brilian Aristopani didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata Arkadius dan Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wiro Disyanli mengatakan, ada beberapa faktor terjadinya penurunan kunjungan wisatawan, selain disebabkan masih terjadinya penyebaran covid-19 juga faktor lainnya.

“Tahun lalu saja mulai Januari hingga Desember total ada sebanyak 302.119 wisawatan berkunjung ke Kota Pagaralam baik lokal mapun mancanegara, sedangkan tahun 2020 tercatat hanya sebanyak 232.025 wisatawan berkunjung,” ungkapnya.

Sambung Wiro, ini artinya ada penurunan pengunjung wisatwan ke Kota Pagaralam mencapai hingga sekitar 70 ribu wisawatan, sedangkan untuk tahun 2020 puncak kunjungan wisawatan nusantara dan mancanegara terjadi pada Agustus 2020 mencapai hingga 50.570 pengunjung. Selain itu pada Januari mencapai 42.542 pengunjung, kemudian pada akhir tahun bulan Desember berjumlah 27.279 pengunjung.

“Kunjungan wisatawan yang berhasil kita data ini meliputi dari tamu yang menginap di hotel, villa dan homestay, kemudian Himpunan  Pramuwisata Indonesia Kota Pagaralam, lalu dari Pos retribusi atau setoran PAD dan dari objek wisatawan non retribusi,” terangnya seraya menambahkan, untuk jumlah kunjungan wisatwan mancanegara pada 2019 lalu mencapai 11 orang dari berbagai negara, namun pada 2020 menurun hanya berjumlah 11 orang mancanegara. (edi)

 

 

LEAVE A REPLY