Kriris Air Bersih Mulai Hantui Warga

0
317
AKTIVITAS: Mini, warga Sinar Dewa saat melalukan mandi dan cuci di sungai yang di PALI

RADAR PALEMBANG –  Dua pekan lebih tidak diguyur hujan mengakibatkan debit air dibeberapa sungai dan danau yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan berkurang, imbasnya pada sejumlah desa terancam kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Dan yang paling terkena dampak kemarau saat ini Desa Sinar Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Saat ini, sudah banyak sumber mata air dalam sumur-sumur warga kering dan untuk mememuhi kebutuhan mandi serta cuci, warga setempat menggunakan air dalam kolam yang tak jauh dari desanya dengan kondisi air yang keruh.

Meski keruh dan sedikit berbau, tetapi warga setempat mengaku terpaksa menggunakan air dalam kolam tersebut  lantaran tidak ada jalan lain dan sumber mata air bersih hampir semuanya kering.

Mini (40), salah satu warga setempat mengaku bahwa sudah sejak lama apabila musim kemarau tiba dirinya serta warga lainnya menggunakan air di kolam dekat desanya.

“Karena hanya kolam ini yang tidak pernah kering. Jadi kami manfaatkan airnya untuk mandi dan cuci, sementara untuk memasak dan minum terpaksa beli air isi ulang,” ungkap Mini.

Gatal-gatal kerap dialami Mini setelah mandi di danau tersebut, namun apa daya, hanya itulah sumber mata air yang masih bisa digunakan.

“Apalagi kalau satu minggu kedepan tidak hujan, kondisi air akan semakin pekat dan baunya bertambah menyengat. Tapi kami terpaksa gunakan meski banyak resiko yang kami tanggung. Hanya saja apabila air di danau ini semakin keruh, kami meminta kepala desa agar menghubungi pihak BPBD untuk membantu memasok air bersih,” tambahnya.

Keluhan sama dialami Suparman, warga lainnya bahwa dirinya pernah berulang kali menggali sumur ketika kemarau namun hasilnya selalu nihil.

“Bahkan pernah membuat sumur bor, namun hingga kedalaman 50 meter lebih belum kunjung ditemukan mata air membuat pekerja sumur bor menyerah, karena kondisi desa kami berada pada dataran paling tinggi diantara desa-desa tetangga,” katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perkim Kabupaten PALI Irwan melalui Junaidi salah satu Staf Dinas Perkim, Kamis (18/7) menyebutkan bahwa kesulitan warga PALI termasuk warga Desa Sinar Dewa akan kebutuhan air bersih sebentar lagi teratasi.

“Pembangunan booster pump di Desa Muara Sungai Kecamatan Tanah Abang sudah dimulai untuk menyuplai air bersih bagi warga PALI. Tahun 2019 ini pembangunan booster pump serta jaringannya direncanakan selesai, dan untuk pembagian air bersih bakal dikelola PDAM,” terang Junaidi. (whr) 

 

LEAVE A REPLY