Kredit Jaminan SK Jadi Tren

0
703

 

Diminati PNS hingga Kepala Dinas

 

RADAR PALEMBANG – Di tengah merosotnya perekonomian masyarakat, akibat turunnya komoditas perkebunan seperti karet dan sawit, sebagian masyarakat dan pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) di Kabupaten OKU Timur mulai melirik perbankan sebagai akternatif pembiayaan dan modal dengan menjaminkan SK pegawai.

Kondisi ini terlihat dari tingginya pengajuan kredit yang dilakukan masyarakat dan pelaku UKM salah satunya di Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Martapura. Tingginya pengajuan kredit ini, membuat target penyaluran kredit BSB Martapura selama triwulan pertama 2015 hampir melampaui target yang telah ditetapkan.

Hal ini diungkapkan Pemimpin Bank Sumsel Babel Cabang Martapura, Normandi Akil, Selasa (28/4). Menurut Normandi, kredit produktif maupun kredit konsumtif realisasinya telah mencapai angka diatas 90 persen selama triwulan pertama.

“Untuk kredit konsumtif kami selama triwulan pertama tahun 2015, ditargetkan sebesar Rp 539 miliar dan telah terealisasi sebesar Rp 524 miliar, atau mencapai 97,2 persen. Sementara, untuk kredit produktif dari target Rp 32 miliar sampai saat ini telah terealisasi Rp 29,8 miliar atau mencapai 93 persen,” ujar Normandi.

Dikatakan Andi, kredit konsumtif yang mencapai 500 juta lebih tersebut didominasi oleh kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajukan kredit dengan agunan (jaminan) surat keputusan (SK) PNS dengan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga ratusan juta rupiah.

“Untuk PNS yang mengajukan kredit sendiri beragam, mulai dari staf biasa hingga pejabat setingkat esselon II atau kepala dinas. Selain PNS, banyak juga kredit konsumtif digunakan untuk pembiayaan perumahan, kendaraan dan modal usaha,” jelasnya.

Selain kredit, penghimpunan deposito selama triwulan pertama tahun 2015 juga hampir melampaui target ditetapkan. Untuk deposito perseorangan dari target Rp 29,6 miliar, realisasinya telah mencapai Rp 29,1 miliar atau mencapai 98,36 persen. Sementara untuk deposito perusahaan dari target Rp 17,4 miliar realisasinya telah mencapai Rp 16,1 miliar atau mencapai 92,02 persen.

Pada kesempatan itu pula, Normandi menghimbau kepada masyarakat dan nasabah khususnya nasabah Tabungan Pesirah, pada Juli 2015 mendatang akan dilakukan pengundian hadiah Pesirah berupa 1 unit mobil. Undian mobil ini hanya dilakukan untuk nasabah di wilayah Cabang Martapura, sehingga peluang untuk mendapatkan mobil menjadi lebih besar. “Karena itu, nasabah kami himbau untuk meningkatkan saldo. Semakin besar tabungan maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan mobil,” himbaunya. (awa)

 

LEAVE A REPLY