KPU Masih Kekurangan Alat Kelengkapan

0
162

 

RADAR PALEMBANG  – Dua bulan menjelang hari pemungutan suara pemiliha  presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg), KPU Palembang masih menglami kendala.  Dari sejumlah alat kelengkapan yang sudah mulai disiapkan, ada yang masih kurang.

“Kita masih kekurangan alat kelengkapan seperti kotak suara, bilik suara, dan tinta. Yang itu paling banyak kurangnya, mencapai ratusan. Kalau yang lain seperti segel dan sampul-sampul hanya kurang sedikit,” ungkap Ketua KPU Palembang, Eftiyani saat dijumpai di kantor KPU Palembang, Kamis  (7/2).

Dikatakannya, untuk kotak suara, KPU Palembang masih kekurangan 796 kotak, bilik suara kekurangan 636 bilik dan tinta kekurangan 106 botol. Kekurangan alat kelengkapan itu sudah dilaporkan ke KPU RI, dan kemungkinan akan dipenuhi pada Maret mendatang.

“Kekurangan itu sudah kita sampaikan dan kita menunggu pendistribusiannya dari KPU RI. Mungkin pertengahan Maret sudah ada dan langsung kita rakit, karena itu akan didistribusikan ke TPS-TPS,” kata Eftiyani.

Menurutnya, untuk proses perakitan sendiri sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, hingga saat ini sudah mencapai 1.200-an kotak suara yang dirakit. KPU Palembang menargetkan 25 hari ke depan proses perakitan kotak dan bilik suara dapat diselesaikan.

“Proses perakitan masih dilakukan oleh 20 tenaga yang berasal dari internal KPU. Satu orang dapat menyelesaikan perakitan 1 kotak suara dengan waktu sekitar 1-2 menit. Insya Allah sesuai target 25 hari,” ujarnya.

Dilanjutkan Eftiyani, jika proses perakitan selesai, surat suara yang nantinya diterima KPU Palembang akan langsung dapat dimasukkan ke dalam kotak. Tentunya setelah surat suara dilipat terlebih dahulu.

“Ini setelah dirakit akan kita simpan di gudang kita dan juga lantai 3 gedung Ini. Kalau sudah dirakit, surat suara yang sudah dilipat akan langsung kita masukkan dalam kotak suara,” terang Eftiyani.

Seperti diketahui di Kota Palembang ini terdapat 4.805 TPS. Masing-masing TPS dibutuhkan 5 kotak suara untuk Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. Eftiyani yang juga mantan Ketua KPU Palembang periode 2009-2014 mengatakan saat ini telah dirampungkan setting alat kelengkapan TPS.

“Setting semua alat kelengkapan TPS sudah selesai. Tinggal dimasukkan saja ke dalam Kotak Suara yang nantinya akan didistribusikan. Saat ini kita konsentrasi merakit kotak suara sembari menunggu datangnya surat suara diperkirakan pertengajan Februari 2019 ini. Sehari bisa rakit 200 kotak suara. Tiap hari kita kerjakan. Ini sudah jalan empat hari,” jelasnya. (zar)

LEAVE A REPLY