Kopi dan Coklat RI Tembus Pasar Afrika

0
319

 

RADAR PALEMBANG – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mendapatkan komitmen kerja sama dari Algeria Chamber of Commerce, khususnya dalam bidang investasi dan trading komoditas.Hal ini terungkap dalam pertemuan antara APKASI dengan perwakilan Algeria Chamber of Commerce di Trade Expo Indonesia. Afrika siap menampung pasokan kopi dan coklat asal Indonesia.

Algeria Chamber of Commerce merupakan asosiasi pengusaha atau investor Aljazair, negara Afrika Utara yang sangat potensial menjadi inportir berbagai komoditas dari Indonesia, seperti kopi, kakao, kemenyan, gula aren, CPO, produk kayu dan banyak komoditas lainnya.

Dalam pertemuan bisnis yang dihadiri langsung Wakil Ketua Algeria Chamber of Commerce, Mr Ali Abderrahmane Bara, terungkap pengusaha Aljazair sangat berminat membangun hubungan dagang dengan Indonesia. Ia pun mengapresiasi Apkasi yang sudah pernah menjalin kerja sama dengan kelompok pengusaha dari negaranya.

Dia sangat mengapresiasi sekali kalau APKASI juga mau bekerjasama dengan mereka. Sebab, ini peluang besar bagi Indonesia dan Aljazair khususnya untuk memasarkan komoditas Indonesia. “Tidak saja untuk Aljazair, tapi bisa untuk kawasan Eropa dan negara-negara di utara Afrika,” kata Ali.

Lebih lajut, Ali langsung menyatakan akan memperpanjang izin tinggalnya di Indonesia karena tertarik untuk menghadiri Festival Kopi dan Coklat APKASI, termasuk mengujungi beberapa kabupaten. Hal ini disampaikan Ali ketika mendengarkan pemaparan para bupati soal potensi strategis yang siap diperdagangkan.

“Untuk memperdalam kerja sama, ada baiknya nanti dibicarakan pas acara Festival Kopi dan Coklat APKASI, saya kira nanti di sana banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan,” pinta Mr. Ali kepada Bupati Nias, S Laoli yang juga Wakil Ketua Umum Apkasi itu.

“Saya sendiri sudah tidak sabar mencoba berbagai kopi dan coklat yang akan dipamerkan, sekaligus melihat potensinya untuk pasar Aljazair. Mendengar pemaparan tadi, saya sangat tertarik mengunjungi daerah-daerah kabupaten, saya kira APKASI siap memasilitasi nanti,” kata Ali lagi.

Laoli pun langsung menyatakan kesiapannya membantu Mr. Ali. Dia menjelaskan, APKASI memiliki 416 kabupaten yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Artinya, komoditas yang ada di Indonesia berada di wilayah kabupaten. (boy/jpnn)

 

LEAVE A REPLY