Konsultasi Tatib, Pilrek Unsri 2019-2023 Ditunda Sementara !

0
544

 

RADAR PALEMBANG – Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sriwijaya Periode 2019 – 2023 dipastikan tertunda sementara. Karena, ada tata tertib alias tatib yang mesti diambil kata sepakat terlebih dahulu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Universitas Sriwijaya Periode 2019 – 2023, Prof Alfitri, di ruang Rapat 2 KPA Unsri (Universitas Sriwijaya) Kampus Palembang, Jumat (14/6) sore.

“Berawal dari koordinasi dengan biro hukum Kemenristekdikti, ternyata ada beberapa hal yang disesuaikan, yakni tata tertib atau tatib pemilihan rektor menyesuaikan dengan permenristekdikti No 19 tahun 2019,”jelas dia.

Dalam konsultasi panitia pilrek Unsri 2019 – 2023 dengan Biro Hukum Kemenristekdikti, ada syarat yang dihilangkan. Tapi ad juga syarat yang ditambahkan, sebelum proses pemilihan memasuki tahapan paparan visi dan misi.

“Yang dihilangkan persyaratannya pengalaman 10 tahun di Unsri dan yang ditambah syaratnya yakni pernah menjabat pejabat eselon 2, itu menurut biro hukum Kemenristekdikti,”jelas dia.

Untuk itu, sambung dia, panitia menunda pelaksanaan pilrek Unsri, dimana tahapan selanjutnya nanti di visi dan misi. “Harusnya, tahap selanjutnya visi dan misi calon rektor, dimana disana sejak itu, kemenristekdikti atau perwakilannya akan selalu melekat.”

“Senat menyepakati panitia harus bersama-sama membahas pasal dimaksud,”kata dia. Karena itu, kata dia, panitia tidak bisa meneruskan (proses pilrek) karena tahapan selanjutnya pihak kementerian selalu melekat, misalnya soal visi misi yang undang kementerian dan perwakilannya.

Penundaan tersebut, sifatnya menyesuaikan tata tertib pemilihan rektor, yang akan ada koordinasi antara Panitia Pilrek Unsri 2019-2023 dengan Kemenristekdikti. Kalau sudah selesai tatibnya, maka proses pilrek bisa dilanjutkan. (dav)

LEAVE A REPLY