Kompak Dorong Kemajuan Sumsel

0
170
Gubernur Sumsel H Herman Deru

RADAR PALEMBANG – Kabupaten kota harus tetap kompak dalam mendorong majunya Sumsel di segala sektor sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Ajakan tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menyampaikan sambutan pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan agenda  Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Muba  di Sekayu, kemarin.

“Di suasana waktu  serba terbatas karena pandemi Covid saat ini, kita justru mendapatkan ilmu baru. Kita dituntut kompak berpacu dalam  berpikir secara maksimal mencari  terobosan baru,  inovasi baru. Saya pikir kalau inovasi dilakukan tidak hanya satu kabupaten, tetapi juga  diikuti oleh 17 kabupaten kota, maka akan menjadi kekuatan bagi Provinsi Sumatera Selatan,” tuturnya.

Lebih lanjut Herman Deru menyebut, dirinya secara rutin melakukan kunjungan ke daerah, hasilnya dia  mengetahui kayanya Sumsel dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten kota.  Meski potensinya tidak sama jika dilelola dengan baik maka akan menjadi kekuatan yang luar bisa bagi Sumsel.

“Kita tahu kalau potensi sumber energi ada di Muba, potensi pangan ada di Banyuasin dan OKU Timur, pertabangan ada di Lahat dan Muara Enim. Belum lagi potensi di kabupaten kota lainnya. Karena itu kita harus kompak dalam berbuat, kita harus sama-sama berpikir demi kemajuan Sumatera Selatan,” imbuhnya.

Terkait dengan HUT Kabupaten Muba ke 64 tahun 2020, Herman Deru menegaskan, dirinya mengapresiasi kemajuan Kabupaten Muba khususnya Kota Sekayu. “Kalau boleh jujur, Muba punya taste dalam pembenahan kota, kota ini tidak begitu besar tapi sangat terlihat modern,” tambahnya.

Untuk mendorong majunya Kabupaten MUBA, Herman Deru kembali akan mengucurkan bantuan gubernur (bangub) ke daerah ini yang semula Rp 36 Miliar ditambah menjadi Rp50 miliar untuk mensupport percepatan pembangunan.

Ia juga mengharapkan, pada peringatan HUT ke-64 kali ini, kesejahteraan masyarakat beriringan dengan penurunan angka kemiskinan masyarakat. Dan ini juga berlaku bagi daerah lainnya di Sumsel agar taget kemiskinan turun satu digit dapat tercapai. Karena itu menurut dia dibutuhkan akses infrastruktur yang layak termasuk dalam urusan kesehatan dan pendidikan juga harus baik.

Sementara Bupati  Muba Dodi Reza Alex melaporkan  meski saat ini Muba dihadapkan pada pandemi Covid-19 namun realisasi pembangunan dan capaian prestasi tidak terhenti meskipun ada keterbatasan.  “Banyaknya capaian prestasi dan reward yang diraih ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh OPD terkait,” tuturnya. (tim)

 

LEAVE A REPLY