Kisah Inspiratif Nadina Salim dari Sepasang Sepatu

0
515

RADAR PALEMBANG – Siapa yang tidak kenal brand sepatu Nadina Salim, sepatu dengan kain khas Palembang yang banyak diminati baik  di dalam maupun luar kota Palembang.

Nadina Salim, Founder, Owner, Desainer  kelahiran 11 Januari 1981 ini mulai merintis bisnis sepatu dengan kain khas Palembang sejak masih kuliah  Magister Desain bidang kekhususan Kriya Tekstil di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2014.

“Waktu itu saya lagi angkat tesis mengenai songket dan motif-motif kain Palembang, kebetulan saya lagi ada di Bandung,  saya coba tanya sama tukang saya, berani gak bikin sepatu dengan menggunakan songket ? sekalian saya cobain keahlian tukangnya, ternyata bisa, walaupun pada awalnya motif kurang simetris, tapi kelamaan  hasilnya bisa bagus. kita mulanya hanya buat satu atau dua pasang sepatu saja,” jelasnya.

Mulai menjajaki bisnis di kota Palembang pada tahun 2015, Nadina sudah memiliki banyak stok barang untuk dijajakan.  Permintaan terus datang mengalir, mulai dari keluarga dekat, teman, hingga masyarakat luas. Akhirnya ibu tiga anak ini mulai memproduksi sepatu dengan corak lainnya seperti jumputan, blongsong, tajung, dan kain khas Palembang lainnya dengan brand Mr. Gee.

Memasuki tahun 2016 – 2017, Nadina banyak menerima permintaan untuk memproduksi tas sebagai pelengkap. ”Kenapa gak sekalian ada tasnya, biar macthing dengan sepatu yang dikenakan, banyak yang nanya gitu. Akhirnya saya  memutuskan membuat tas walau awalnya by request, tapi sekarang sudah ada ready stock,” tambahnya.

Nadina memasarkan bisnis limited shoes dan handbags ini secara online dengan harga relatif terjangkau mulai dari Rp450 ribu hingga Rp900 ribu. Walau ditawarkan melalui online, Nadina justru mempunyai banyak pelanggan, bahkan istri dari Gubernur Sumsel Herman Deru ikut membeli sepatu dan tas Nadina Salim. “Store itu opsi terakhir saya, karena sekarang zaman digital,sehingga lebih efektif memasarkan produk lewat online,” jelas wanita yang memiliki pelanggan dari berbagai daerah ini.

Berbagai prestasi berhasil ditoreh wanita cantik berhijab ini, mulai dari UKM WOW 2017 versi majalah Marketeer, Palembang Marketing Champion 2017 bidang Ekonomi Kreatif dari MarkPlus Inc, Finalis bidang usaha Wirausaha Kreatif Kategori Alumni 2017, dan Desainer Palembang Fashion Week 2017-2019.

Istri dari Gunawan ini juga berharap brand Nadina Salim bisa menciptakan karya yang inovatif dan menjadi inspirasi fashion semua orang dan mampu bersaing di pasar nasional dan Internasional.“Kain tradisional agar tidak terlupakan dan bisa digemari juga oleh kalangan yang lebih muda dengan membuatnya masuk dalam tren terkini,” tutupnya bijak. (hen)

LEAVE A REPLY