Kirim Dokumen Perizinan Dengan Layanan Gojek

0
206

Kolaborasi Gojek Dengan Pemkot Palembang

RADAR PALEMBANG – Sejalan dengan upaya pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19 dengan mengurangi interaksi di ruang publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (Dinas PM-PTSP) menggandeng Gojek untuk mempermudah masyarakat Palembang dalam pengurusan berbagai jenis dokumen perizinan usaha dan penanaman modal.

Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Kepala Dinas PM-PTSP Kota Palembang Akhmad Mustain dengan Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumbagsel Kenn Lazuardi Syarnubi pada hari Kamis 9 Juli 2020 silam di Kantor Mall Pelayanan Publik Kota Palembang.

Penandatangan ini sendiri disaksikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA. Kerjasama ini memanfaatkan layanan GoSend dalam pengantaran dokumen-dokumen perizinan dan penanaman modal di Kota Palembang. GoSend merupakan solusi pengiriman barang atau dokumen melalui aplikasi Gojek.

Driver Gojek akan mengantarkan barang dan dokumen sesuai titik pengambilan barang dan pengantaran barang. Dalam hal ini, driver Gojek akan mengantarkan dokumen kependudukan yang telah selesai diproses oleh Dinas PM-PTSP kepada masyarakat.
Namun demikian, protokol kesehatan pada pandemi COVID-19 tetap dikedepankan dengan menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.

Erika Agustine, Vice President Regional Sumbagsel Gojek Indonesia mengatakan, “Gojek
hadir untuk memudahkan masyarakat menyelesaikan berbagai friksi dalam kehidupan
sehari-hari mereka. Sebagai bagian dari upaya untuk memitigasi penyebaran COVID-19 saat ini dan proses adaptasi terhadap tatanan kehidupan yang baru, Gojek berupaya untuk terus bisa diandalkan dalam berbagai situasi melalui pemanfaatan teknologi digital.

Salah satunya adalah kerjasama dengan Dinas PM-PTSP di Kota Palembang untuk mengirimkan dokumen-dokumen perizinan yang diterbitkan oleh dinas kepada para pemohon. Harapannya, hal ini bisa mengurangi kontak fisik dan menekan laju penyebaran COVID-19. Kami sangat mengapresiasi kepercayaan Pemerintah Kota Palembang terhadap layanan Gojek.”

Beragam kanal juga telah digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan COVID-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra. GoSend telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra usaha dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

Sejalan dengan program pemkot dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,
kementerian PAN-RB melalui Dinas PM-PTSP pemerintah kota Palembang, melihat peluang kerjasama dengan Gojek melalui layanan GoSend. Dalam sambutannya Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA menyampaikan “Harapan kami untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) di kota Palembang menjadi one stop service juga semakin luas menjangkau masyarakat.

Karena disini banyak kolaborasi, sesuai dengan tujuan MPP itu tadi, agar layanan menjadi semakin cepat, semakin baik dan masyarakat semakin mendapat kemudahan. Dan hari ini ada penandatangan antara MPP Kota Palembang dengan teman-teman dari Gojek. Hal yang sangat luar biasa mereka menjadi perantara kelancaran dari penyampaian dokumen.”

Integrasi layanan GoSend dapat memudahkan masyarakat dalam pengambilan dokumen saja tanpa harus ke Mall Pelayanan Publik di Palembang. Saat pengiriman dokumen, MPP
Palembang juga telah menyiapkan loket khusus GoSend dan perwakilan pegawai Dinas
PM-PTSP yang akan mencatat nomor registrasi dan nomer order GoSend sehingga keamanan dan kerahasiaan dokumen akan tetap terjaga.

Disamping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol
penyebaran pandemi COVID-19 di atas, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (GoFood, GoShop dan GoSend di 5 pasar tradisional di Palembang) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan GoFood & GoShop. (rel)

LEAVE A REPLY