Kibarkan Bendera Asian Games di Bukit Serelo

0
633

RADAR PALEMBANG – Semarak Asian Games 2018, mulai terasa di Bumi Seganti Setungguan. Pemerintah Kabupaten Lahat pun terus menyosialisasikan Asian Games yang dijadwalkan digelar di Palembang dan Jakarta itu. Terakhir, bendera Asian Games 2018 dikibarkan di atas Bukit Serelo, yang menjadi icon Kabupaten Lahat. Di puncak bukit yang berada pada ketinggian 790 meter di atas permukaan laut, bendera Asian Games pun berkibar.

Pendakian bukit dengan batu cadas ini dilakukan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Lahat. Tim pemanjat dari Garis Milang, digelar Minggu (15/5). Tidak main, main tim yang didukung langsung Bupati Lahat H Aswari Riva’i SE ini menghabiskan waktu empat hari untuk mencapai puncak tertinggi Bukit Serelo tersebut.

Meski harus menaklukan medan cukup berat, berupa perkebunan kopi dan karet warga, dengan menelusuri medan terjal berbatu, tim berhasil mencapai puncak bukit yang berada di wilayah Desa Ulak Pandang, Kecamatan Merapi Barat dan Desa Padang Kecamatan Merapi Selatan. “Tujuan pengibaran bendera Asian Games 2018 untuk mensosiaslisasikan Jakarta-Palembang sebagai tuan rumah,” jelas Ketua Harian FPTI Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah SPd.

Sports climbing juga menjadi salah satu cabang olaraga yang akan dipertandingkan pertama kali di Asian Games 2018. Di samping itu, pendakian hingga pengibaran yang diabadikan melalui video ini, juga untuk menyosialisasi bentangan alam Kabupaten Lahat, dengan bukit barisan, kebun kopi, satwa langkah yang masih ada. “Kegiatan ini didukung penuh Bupati Lahat H Aswari Riva’i,” jelasnya.

Kerja keras FPTI Kabupaten Lahat mendapat apresiasi H Aswari Riva’i. Menurutnya, pengibaran bendera Asian Games 2018 di puncak Bukit Serelo merupakan bentuk dukungan penuh Kabupaten Lahat atas penyelenggaraan pekan olahraga paling bergengsi ini. “Terimakasih atas kerja keras Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Lahat,” kata Aswari.

Dia berharap, seluruh masyarakat Kabupaten Lahat dapat mendukung pelaksanaan Asian Games. Sehingga nama Sumsel akan dikenal di tingkat internasional, termasuk Kabupaten Lahat sebagai bagian Sumsel dapat dikenal di tingkat nasional dan internasional. “Kami akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Asian Games 2018,” tegas Bupati Lahat yang hobi olahraga ekstrim ini.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin meminta semua masyarakat mendukung suksesnya Asian Games. Suksesnya Asian Games tidak lepas dari dukungan semua pihak. “Kalau semua pemimpin daerah di Sumsel bersatu punya visi dan misi yang sama, maka Sumsel tidak akan terkejar oleh provinsi lain di Indonesia,” kata Alex. (infohumas)

LEAVE A REPLY