Kepala Daerah Belum Ajukan Cuti

0
768

 

RADAR PALEMBANG – Sekda Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman mengaku, jelang kampanye akbar pemilihan presiden-wakil presiden (pilpres) 9 juli nanti, hingga saat ini belum ada satupun kepala daerah di Sumsel yang mengajukan izin atau cuti kampanye untuk menjadi juru kampanye (Jurkam) kepada Gubernur Sumsel

“Kan tahapannya belum , sehingga belum ada satupun kepala daerah yang menjadi jurkam untuk cuti kepada gubernur,”kata Mukti, ketika ditemui usai rapat paripurna DPRD Sumsel,kemarin, (30/5).

Menurut Mukti, sebagaian besar tim capres-cawapres sedang melakukan sosialisasi di daerah-daerah, seharusnya kepala daerah yang menjadi jurkam untuk mengajukan cuti.

Mukti mengaku tidak bisa mencegah kepala daerah di Sumsel yang menjadi jurkam capres, apalagi kepala daerah tersebut adalah ketua Partai dan merupakan hak masing-masing kepala daerah.

“Tapi kalau PNS harus netral, hingga kini belum ada , karena belum waktunya, saya tidak tahu kapan rentang waktu izin tapi di KPU sudah ada tahapannnya,” katanya.

Menurut Mukti jangan pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden PNS juga diwajibkan netral oleh aturan.

Dijelaskannya kalau kepala daerah tersebut seorang Bupati tapi dia ketua partai provinsi maka di perbolehkan menjadi juru kampanye kampanye di Provinsi , tapi kalau hanya ketua partai di satu tempat , tetap jurkam di tempat itu saja. “Tapi itu ada mekanismenya, kan jurkam itu di koordinasi oleh Partai, tim sukses dan lain lain itu, nanti ada mekanisme partai yang menyusul,”pungkasnya. (zar/can).

LEAVE A REPLY