Kemenag Sumsel Pantau Hilal, Lebaran Jatuh Pada 5 Juni

0
562

 

RADAR PALEMBANG
Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal dalam rangka penetapan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Kegiatan rukyatul hilal dipimpin Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam H. Putloro di Helipad Gedung Hotel Aryaduta Palembang, Senin (3/6) sore. Turut hadir para tokoh agama dari Muhammadiyah, NU, Majelis Ulama Indonesia, Masjid Agung Palembang, serta awak media baik cetak maupun elektronik.
Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi menuturkan, tepat pukul 17:58:47 WIB saat terbenamnya matahari di Palembang, sesuai arahan dari Menteri Agama pihaknya melakukan rukyatul hilal untuk mendukung penetapan 1 Syawal 1440 H. Hasil rukyatul hilal ini disampaikan langsung kepada Kemenag RI melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah guna menjadi bahan pada sidang isbat di Jakarta.
“Lantaran tertutup awan, hilal tidak dapat dirukyat di Palembang. Selain itu, berdasarkan perhitungan atau hisab, hilal memang masih di bawah ufuk sehingga tidak mungkin dapat dirukyat. Oleh karena hilal masih di bawah ufuk, maka tanggal 1 Syawal 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Itu artinya, insya Allah besok kita masih berpuasa dan puasa kita tahun ini genap 30 hari. Namun untuk kepastiannya, kita menunggu hasil sidang isbat di Jakarta,” tutur Fajri.
Sementara itu, berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama RI, 1 Syawal 1440 H atau Hari Raya Idul Fitri 1440 H jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Sidang digelar di Kantor Kemenag Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Senin (3/6), sesudah shalat maghrib. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memimpin langsung sidang penentuan 1 Syawal 1440 H.
“Sidang isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada esok lusa, hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Pemerintah mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H,” ujar Lukman. (quds/isk)

LEAVE A REPLY