Kelenteng Marga Theng Berusia 130 Tahun

0
591

RADAR PALEMBANG – Jumlah kelenteng di kota Palembang hampir  100 kelenteng dan tersebar di berbagai kecamatan yang ada di kota Palembang. Salah satunya kelenteng Liong Toh Kiong milik marga Theng yang terletak di jalan Taksam ilir Timur II Palembang.

Menurut Ketua Kelenteng marga Theng Syahroni didampingi humasnya Harun dan pengurus lain Suwarno,  kelenteng ini berusia sekitar 130 tahun dan beberapa kali direnovasi ”
Awalnya hanya kelenteng kecil,  namun secara bertahap dibangun dan terakhir kali direhap secara besar besar pada tahun 1974,”ungkapnya.

Syahroni mengatakan, kalau dewa utama kelenteng ini adalah Zhu Ke XI Sam Hu Tualang yang dirayakan setiap bulan 10 tanggal 16 17 dan 18 penanggalan lunar.

“Perayaan biasanya diawali dengan menggelar ritual kepada Thien, lalu siangnya sembahyang kepada dewa Zhu Ke XI Sam Hu Tualang. Sorenya digelar sembahyang kepada para prajurit dewa. Puncaknya akan digelar jamuan makan  bersama umat,” tambahnya.

Syahroni menambahkan, kalau marga Theng yang ada di kota Palembang jumlahnya mencapai 3.000 orang tersebar diberbagai

kecamatan. “Saat hari- hari besar seperti Imlek dan HUT dewa biasanya warga datang untuk sembahyang sekaligus bersilaturahmi,”jelasnya.(sep)

LEAVE A REPLY