Kelenteng Marga Tan Rayakan HUT Dewa Pengobatan

0
610

 

 

RADAR PALEMBANG, – Kelenteng Wee Leng Keng milik marga Tan yang terletak di Jalan Bambang Utoyo Lorong Kerukunan Palembang pada Rabu (18/4) akan merayakanHUT dewa Hian Tian Siong Te.

Ketua Kelenteng Wee Leng keng Budiman didampingi Wakilnya Arifin dan Johan Tan mengatakan, perayaaan diawali dengan menggelar ritual menyambut dewa pada Selasa (17/4) mulai pukul 17.00 wib.

“Esoknya (Rabu 18/4) pukul 07.00 Wib kembali digelar ritual Chong King atau ritual dengan menyajikan makanan vegetarian, lalu pada pukul 12.00 Wib sembahyang kepada dewa Hian Tian Siong Te dan sorenya kepada para prajurit dewa,”ungkapnya.

Menurut Budiman, Hian Tian Siong Te ini dulunya dikenal sebagai seorang tabib yang banyak mengobati warga termasuk warga dari marga Tan. “Karena banya jasanya tersebut pada tanggal kelahirannya umat selalu merayakannya,”katanya.

Budiman juga mengatakan, untuk menghibur umat yang mau melakukan sembahyang panitia penyelenggara menghadirkan hiburan organ tunggal. “Jika umat ingin bernyanyi sudah sembahyang kita persilahkan,”jelasnya.

Budiman menambahkan, kalau marga Tan merupakan salah satu marga terbanyak dan terbesar di dunia dan penyebarannya merata di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Palembang. “Di Palembang jumlah marga Tan mencapai ribuan dan mereka akan berkumpul sekaligus bersilaturahmi saat perayaan Imlek dan HUT dewa di kelenteng Wie Leng Keng ini,”ujarnya.

Sementara itu, dalam ritual sembahyang itu juga hadir tokoh masyarakat marga Tan yang juga owner Grand Zuri, Zuri Ekspress dan PCC Transmart Mall Palembang Ikawan Tan. “Ini kelenteng marga kita Tan, setiap HUT dewa atau saat Imlek saya pasti menyempatkan diri sembahyang,”ujar pria yang dikenal ramah dan memiliki jiwa sosial yang tinggi ini. (sep)

 

LEAVE A REPLY