Kelenteng Marga Tan Rayakan HUT Dewa Lak Hu Tualang

0
224
Arifin Ketua Kelenteng Wie Leng Keng marga Tan dan pengurus melakukan ritual Khokun saat HUT Dewa Lak Hu Tualang

RADAR PALEMBANG – Kelenteng marga Tan Wie Leng Keng yang terletak di jalan Bambang Utoyo Lorong Kerukunan No 20 atau tepatnya didepan rumah Dinas Kapolda Sumsel merayakan HUT dewa Lak Hu Tualang, Jumat (7/8).

Arifin Ketua Kelenteng Marga Tan mengatakan, perayaan HUT Dewa digelar selama 2 hari yakni tanggal Kamis (6/8/2020) atau 17 bulan 6 penanggalan lunar yang dengan ritual mengundang dewa untuk meminta restu digelarnya HUT dewa setelah itu Jumat (7/8/2020) menggelar ritual Ceng Keng, Siong Siu dan Khokun.

“Dalam melakukan ritual kita tidak mengundang umat yang banyak dan tetap mematuhi protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah,”katanya. Arifin juga menambahkan, kalau kelenteng Marga Tan saat ini tengah direnovasi. “Harusnya tahun ini selasai namun karena Covid 19 molor dan diharapkan tahun 2021 selesai pembangunannya,”katanya.

Menurut Arifin, kelenteng ini direnovasi karena sejak berdirinya sekitar 110 tahun lalu belum pernah direnovasi sehingga umat meminta untuk direnovasi. “Penyebab lainnya karena kelenteng ini terlalu kecil tidak sebanding dengan jumlah umat yang terus bertambah tiap tahunnya sehingga renovasi layak dilakukan,”terangnya.
Arifin mengatakan, bagi umat yang ingin sembahyang di kelenteng ini masih bisa karena peralatan sembahyang termasuk patung dewa sudah dipindahkan digedung sebelah yang ada dilingkungan kelenteng.

Arifin menambahkan, kalau kalau marga Tan yang merupakan salah satu marga terbanyak dan terbesar di dunia dan penyebarannya merata di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Palembang. “Di Palembang jumlah marga Tan mencapai ribuan dan mereka akan berkumpul sekaligus bersilaturahmi saat perayaan Imlek dan HUT dewa di kelenteng Wie Leng Keng ini,”ujarnya.(sep)

LEAVE A REPLY