Kelenteng Marga Tan Direnovasi

0
839

 

RADAR PALEMBANG, Kelenteng Marga Tan Wee Leng Keng Jumat (29/9) mulai pukul 06.00 wib hingga pukul 10.00 Wib menggelar ritual jelang renovasi kelenteng . Budiman Ketua Kelenteng Marga Tan didampingi  Wakilnya Arifin mengatakan, renovasi akan dimulai pada tanggal 5 Oktober mendatang dan diharapkan selesai dalam waktu 18 bulan atau 1,5 tahun kedepan. “Itu target kita. mudah mudahan bisa terealisasi,”ucapnya.
Menurut Budiman, kelenteng ini direnovasi karena sejak berdirinya sekitar 110 tahun lalu belum pernah direnovasi sehingga umat meminta untuk direnivasi. “Penyebab laainnya karena kelenteng ini terlalu kecil tidak sebanding dengan jumlah umat yang terus bertambah tiap tahunnya sehingga layak dilakukan,”katanya
Budiman juga mengatakan, bagi umat yang ingin sembahyang di kelenteng ini masih bisa karena peralatan sembahyang termasuk patung dewa dipindahkan digedung sebelah yang ada dilingkungan kelenteng. “Pemindahan patung dewa ini yaang kita gelar ritual sembahyang hari ini (kemarin, red).
Budiman menambahkan, kalau kalau marga Tan yang merupakan salah satu marga terbanyak dan terbesar di dunia dan penyebarannya merata di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Palembang. “Di Palembang jumlah marga Tan mencapai ribuan dan mereka akan berkumpul sekaligus bersilaturahmi saat perayaan Imlek dan HUT dewa di kelenteng Wie Leng Keng ini,”ujarnya.
Sementara itu, pantauan koran ini dalam pemindahan patung dewa berlangsung khidmat dan meriah karena selain dihadiri ratusan umat juga menampilkan atraksi barangsai. (sep)

LEAVE A REPLY