Kelenteng Marga Ong Gelar HUT Dewa Pau Sen Ta Ti

0
982

 

RADAR PALEMBANG – Kelenteng Naga Sakti milik marga Ong yang terletak di jalan Dr M Isa Lr Taksam Palembang hari ini (1/10) merayakan HUT dewa Pau Sen Ta Ti. Ketua Kelenteng Naga Sakti Hadi didampingi Hasan (wakil ketua) Chandra Rivai (Sekretaris) dan Aman (Bendahara) mengatakan, perayaan diawali dengan menggelar ritual memanggil dewa untuk hadir pada perayaan HUT dewa Pau Sen Ta Ti pada sore ini (kemarin, red).

“Pagi ini, kita kembali akan menggelar ritual kepada Thien, lalu siangnya sembahyang kepada dewa Pau Sen Ta Ti dan sorenya kepara para prajurit dewa,”ungkapnya.
Puncak HUT dewa , sambung Hadi, ditutup dengan mengundang umat untuk makan bersama. “Kali ini kita membuka 100 meja atau sekitar 800 umat,”ucapnya.

Hadi mengatakan, kalau dewa Pau Sen Ta Ti ini merupakan dewa utama dari kelenteng naga sakti. “Pau Sen Ta Ti dulunya dikenal sebagai sosok tabib yang banyak mengobati masyarakat khususnya marga Ong. Untuk menghormati jasa beliau setiap tanggal lahirnya marga Ong selalu merayakannya,”katanya.

Hadi juga mengungkapkan, untuk menghibur umat yang akan melakukan sembahyang panitia menyediakan hiburan wayang orang Sam Khau Bun Gesiah . “Wayang Tionghoa akan menghibur umat 1 hari dua malam (30 September -1 Oktober),”terangnya.

Hadi menambahkan, kalau marga Ong yang ada di kota Palembang jumlahnya mencapai ribuan tersebar diberbagai kecamatan. “Nah, saat perayaan dewa ini mereka selalu kumpul untuk sembahyang sekaligus bersilaturahmi,”jelasnya.(sep)

LEAVE A REPLY