Kelenteng Hok Ho Keng Rayakan HUT Dewa Hian Tian Siong Te

0
723
Akien Ketua Kelenteng Hok Te Keng dan pengurus menggelar ritual Kokhun saat perayaan HUT Dewa Siong Te Kong

RADAR PALEMBANG – Kelenteng Hok Ho Keng yang terletak di Jalan Puncak Sekuning dekat SMAN 2 Palembang menggelar perayaan HUT dewa Hian Tian Siong Te Senin (1/10). Perayaan yang berlangsung khidmat dan dihadiri oleh ribuan umat Tridarma yang ada di kota Palembang.


Akien, Ketua Kelenteng Hok Ho Keng didampingi Sukarta dan Herman Tjahja mengatakan, dalam HUT dewa, kali ini pihaknya menghadirkan hiburan band. “Jadi jika umat ingin bernyanyi setelah bersembahyang kami persilahkan,” katanya.


Akien juga mengatakan, di puncak acara pengurus mengundang umat untuk makan bersama di kelenteng. “Ini kita gelar hari ini (kemarin,red) pada tanggal 1 Oktober atau pada tanggal 3 bulan 9 penanggalan lunar,” terangnya.
Akien menjelaskan, kalau kelenteng Hok Ho Keng ini merupakan kelenteng umum dan berdiri sejak tahun 1987. “Awalnya kelenteng ini berada di kawasan pasar 16 Ilir Palembang, namun pada tahun 1987 dipindahkan ke kawasan Puncak Sekuning ini,”katanya.
Akien menambahkan, kalau dewa utama dikelenteng ini adalah Hian Tian Siong Tee dan dirayakan setahun sekali pada tanggal tanggal 3 bulan 9 penanggalan lunar. “Untuk tahun ini jatuh pada tanggal 1 Oktober 2019 ,”jelasnya.(sep)

LEAVE A REPLY