Kelenteng Go Hong Tian Rayakan HUT Dewa She Ong Hu

0
284
Umat dan pengurus kelenteng saat melakukan ritual di Kelenteng Go Hong Tian

RADAR PALEMBANG,Kelenteng Go Hong Tian yang terletak di   jalan Karya Baru KM 7 Palembang Senin (15/7) atau tanggal 13 bulan enam penanggalan lunar menggelar HUT dewa She Ong Hu. Ribuan umat dari berbagai penjuru Palembang silih berganti datang untuk menggelar ritual sembahyang.

“Kita merayakan HUT dewa ini diawali dengan menggelar ritual sembahyang mengundang Dewa datang untuk merayakanan HUT Dewa pada Minggu (14/7) sore, kemudian hari ini (kemarin,red 15/7) kepada Thien dan Dewa She Ong Hu dan besok sore (16/7) ritual kepada para prajurit dewa,”kata So Ciu Hua atau biasa disapa Imron Ketua Kelenteng Go Hong Tian, kemarin.

Imron yang juga pengurus Perhimpunan Tempat Ibadah Tridarma Komda Sumsel ini mengatakan, untuk menghibur umat yang akan melakukan sembahyang panitia menghadirkan hiburan wayang Tionghoa. “Wayang ini tampil selama 3 hari berturut-turut dengan lakon yang berbeda-beda,”ujarnya.

Imron juga mengatakan, kalau kelenteng ini merupakan kelenteng yang kerap dikunjungi oleh umat yang mengalami kesusahan salah satunya rumahnya kemalingan.

“Kelenteng ini selalu ramai di kunjungi, karena umat banyak yang percaya kalau dewa utama di kelenteng ini yaitu dewa She Ong Hu bisa membantu umat yang sedang mengalami musibah atau masalah. Sebagai contoh, mereka yang rumahnya kemalingan biasanya datang ke sini minta petunjuk melalui juru kunci di kelenteng ini. Kelang beberapa hari kemudian biasanya malingnya tertangkap,”terangnya.

Menurut Imron, yang sudah datang kesini dan membuktikannya lumayan banyak. Tak heran tiap hari kelenteng ini aktivitasnya selalu ramai. “Kelenteng ini juga dikalangan masyarakat Tionghoa dikenal sebagai kelenteng yang dewanya bisa nangkap maling,”katanya.

Imron menyebut, kalau kelenteng ini dibangun sejak ratusan tahun yang lalu. “Awalnya kelenteng ini hanya berbentuk gubuk, namun secara bertahap dibangun hingga berbentuk seperti sekarang,”jelasnya.

Sementara itu, pada perayaan HUT dewa She Ong Hu di kelenteng Go Hong Tian selain dihadiri oleh ribuan umat juga dihadiri ketua Kelenteng Marga Tan Arifin dan pengusaha perkebunan Burhan. (sep)

LEAVE A REPLY