Kelenteng Gie Hap Bio Gelar HUT Dewa Te Cu Ong Pu Sat

0
218

 

RADAR PALEMBANG – Kelenteng Gie Hap Bio di jalan Dipenogoro Talang Semut Palembang menggelar ritual sembayang Hut Dewa Te Cu Ong Pu Sat atau dewa
penjaga neraka.
Ketua Majelis Rohaniawan Tridarma Komda Sumsel Chandra Husin didampingi Basuki (Ketua Kelenteng), Joni Ho (Bagian Peribadatan) dan Harun (humas ) mengatakan, perayaan Hut dewa diawali dengan menggelar ritual kepada Thien pada pukul 08.00 wib. Pada pukul 01.00 wib pengurus menggelar ritual sembahyang untuk dewa Te Cu Ong Pu Sat. Sorenya digelar khokun atau ritual kepada prajurit dewa. “Umat secara silih berganti melakukan ritual sembahyang” katanya.
Chandra menjelaskan Te Cu Ong Pu Sat atau Ksitigarbha adalah perkataan dari bahasa sansekerta yang mengandung arti bumi tempat menyimpan ke-sepuluh sutra roda kehidupan. Sang Bodhisattva ini dikenal secara populer dilingkungan rakyat berbagai bangsa di dunia, karena beliau telah menyeberangkan, menyelamatkan makhluk-makhluk yang menderita hingga tiba di pantai Nirvana, sesuai dengan sumpah maha suci beliau yang berbunyi sebagai berikut:
“Kalau bukan aku yang pergi ke neraka untuk menolong roh-roh yang tersiksa disana, siapa yang akan pergi?……, kalau neraka belum kosong dari arwah-arwah yang tersiksa, aku tidak akan menjadi Buddha. Hanya bila semua makhluk telah di selamatkan, barulah mencapai tingkat kebuddhaan”.
Di dalam gambar sering kita jumpai figure/gambar/arca berlian yang berada di bawah Avalokitesvara Bodhisattva (Kuan Yin Phu Sa) yang diapit oleh kedua siswa beliau sebagai ayah dan putra yaitu Meng Kung dan Tao Ming.
Diantara para Bodhisattva yang dipuja oleh kaum Mahayana, Ksitigarbha Bodhisattva satu-satunya yang terlihat dalam wujud sebagai seorang bhiksu lengkap dengan jubahnya. Menurut pandangan orang Tionghoa, beliau dikatakan sebagai seorang Bodhisattva yang penuh dengan maitri karuna dan bercita-cita untuk membantu mereka yang terlahir di alam yang menderita agar dapat meringankan karma-karma buruk mereka. Sering juga ia dikaitkan dengan sepuluh raja akhirat (she tien yan wang). (sep)

LEAVE A REPLY