Kehidupan Warga Binaan Miris, Penghuni Rutan Over Kapasistas

0
581

 

RADAR PALEMBANG – Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Kota Pagaralam, M Kameily AMd IP SH MH mengatakan, bahwa kondisi Rutan semakin over kapasitas, yang sudah mencapai sebesar 65%.

“Jumlah Narapidana Pagaralam saat ini 115 Orang. Seharusnya kapasitas ini maksimal 85 orang. Dengan overkapasitas rutan mencapai sebesar 65 %, membuat kehidupan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di dalam kurang layak,” ujar Kameily, saat memberikan sambutan di dalam pemberian remisi WBP peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun, belum lama ini.

Karena ruang di dalam Rutan terlalu sempit, sebut Kameily, rata-rata dalam 1 kamar harus dihuni 15 sampai 25 orang. Terlebih saat ini di Rutan Pagaralam hanya memiliki 8 kamar. Mengatasi hal ini, maka diperlukan relokasi ke wilayah yang baru.

“Di tahun 2009 lalu relokasi tersebut mulai dilakukan pembangunan tembok keliling, kemudian tahun 2011 dilanjutkan dengan tiga bangunan, yakni masjid, dapur dan ruang kunjungan. Sekarang kita memasuki tahap ketiga,” terangnya.

Kendati demikian, ungkap Kameily, informasi yang diperoleh dari Kantor Wilayah, hal ini tidak bisa dilaksanakan karena status tanah tersebut masih dalam status pinjaman.

“Jadi kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam menanyakan hal itu. Karena masih dalam proses sertifikasi, jadi belum bisa untuk proses hibah, dengan kondisi itu kami berharap proses hibah agar bisa segera terealisasi,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati MKes menyatakan, Pagaralam salahsatu kota/kabupaten yang ada dari 17 kota/kabupaten di Sumsel. Kota Pagaralam kalau dilihat dari pagu APBD terkecil dari seluruh kabupaten/kota, tetapi Pemkot Pagaralam demi untuk melayani masyarakat, apa yang dibutuhkan institusi untuk melayani masyarakat Pemkot Pagaralam membantu.

“Secara bertahap dan bersabar, demi untuk melayani masyarakat, apa yang dibutuhkan institusi untuk melayani masyarakat kami siap membantu dalam bentuk apa saja,” tutupnya. (dio)

 

LEAVE A REPLY