Kapolres: Senpi jangan Diselipkan di Pinggang

0
74

RADAR PALEMBANG – Maraknya penyalahgunaan dan tindak kekerasan yang menggunakan senjata api (senpi) oleh anggota Polri dilapangan, Polres OKU Timur melakukan pengecekan dan pemeriksaan secara serentak senpi dinas yang dipinjampakaikan dan dipegang oleh anggota.

Hal ini sekaligus menindaklanjuti perintah Kapolda Sumsel kepada para Kasatker dan Kasatwil jajaran Polda Sumsel. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon SIK MH di halaman Mako Polres OKU Timur, kemarin (1/3).

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon melalui Kasubag Humas Iptu Edi Arianto, senpi dinas tersebut diperiksa dari segi kelayakannya, pemeliharaannya dan kelengkapan administrasinya (kartu senpi masih berlaku atau sudah habis). Untuk anggota yang sakit, sedang cuti agar ditarik sementara dan dikembalikan setelah sembuh atau sudah selesai cuti.

“Senpi dinas tidak boleh ditinggal dan disimpan di rumah atau dimanapun, harus selalu menempel dan berada pada anggota yang memegangnya. Untuk anggota staf dan bukan bidang operasional agar ditarik dan dikembalikan untuk disimpan di gudang penyimpanan senpi dinas. Untuk anggota fungsi operasional yang cenderung arogan dan emosional agar dicabut senpinya,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk anggota yang berpakaian preman seperti reserse, intel dan paminal untuk penyimpanan senpi genggam harus menggunakan sarung senpi yang standar dan tidak diselipkan dipinggang tanpa sarung senjata. sehingga tidak pantas dan kelihatan arogan serta dimungkinkan akan jatuh dan meledak yang mengakibatkan bahaya bagi dirinya dan orang lain atau hilang.(awa)

 

LEAVE A REPLY