Kapan Harus Ganti Busi?

0
291

 

RADAR PALEMBANG – Busi perlu diganti jika kondisinya sudah tidak layak. Penggantian busi bisa membuat kinerja mesin kendaraan lebih sempurna lagi.

Menurut Manager Technical Service Denso Sales Indonesia, Supriyono, umur busi berbeda-beda. Ada busi yang bisa dipakai sampai 20.000 kilometer (km), ada juga yang bisa sampai 60.000 km. “Penggantian busi, ada yang 20.000 km, busi iridium bisa 60.000 km. Kalau kondisi bensin bagus, baterai (aki) bagus dan semuanya bagus sampai 60.000 itu tidak bermasalah,” kata Supriyono di bengkel PIT & GO Ciputat.

Secara umum, Supriyono merekomendasikan penggantian busi setiap 20.000 km. Kalau busi tidak diganti, performa mesin jadi tidak maksimal. “Kalau enggak diganti performa mesinnya bisa turun. Karena sudah ada penumpukan kotoran dan sebagainya,” ujarnya.

Supriyono menyebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan busi cepat kotor. Pembakaran yang kurang sempurna bisa menimbulka kerak. “Kotoran itu sebenarnya faktor di luar busi. Misalnya pembakaran kurang sempurna, bensin kurang bagus, atau filter bensin kurang bagus, oktan bensin terlalu rendah. Nah itu biasnya menimbulkan kerak. Setiap ada sisa pembakaran dia masuk ke rongga-rongga busi,” ucapnya. (rgr/lth)

LEAVE A REPLY