Kadin – Hipakad Angkat Tradisi Telok Abang

0
615

RADAR PALEMBANG, SALAH satu tradisi warga kota Palembang menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI 17 Agustus adalah Telok Abang, telur yang diberi pewarna merah dan ditancapkan di badan pesawat mainan yang terbuat dari gabus.

Namun sayangnya telok abang ini terancam punah walau masih dapat ditemui setiap tahunnya jelang perayaan hari kemerdekaan.

Salah satu bentuk kepedulian terhadap tradisi budaya lokal yang nyaris punah ini, Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Sumsel bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumsel mencoba mengangkat telok abang ini dalam sebuah festival dengan menggandeng pedagang-pedagang telok abang yang akan menjajakan telok abang di sepanjang festival tersebut.

Ketua DPD Hipakad Sumsel sekaligus Ketua DPD Kadin Sumsel, Ferdi Aligafur mengatakan untuk mengucap rasa syukur atas kemerdekaan RI diadakanlah kegiatan yang merupakan tradisi masyarakat Palembang sejak dulu.

“Kalau kita sudah paham apa itu telok abang, tapi daerah lain mungkin agak aneh dengan bahasa telok abang, setelah kita diskusikan bersama akhirnya kita menetapkan nama kegiatan ini Festival Kuliner dan Telok Abang 2019,” ujarnya pada saat konferensi pers, Sabtu (10/8).

Dalam kesempatan ini, Ferdi juga mengajak para awak media untuk membantu mempublikasikan kepada masyarakat event yang rencananya akan menjadi agenda tahunan pariwisata ini.

Daniel Marzuki, Ketua Pelaksana menjelaskan festival yang akan digelar mulai tanggal 14 – 18 Agustus 2019 di halaman Sekretariat Hipakad di Jalan Rumah Bari tepatnya di halaman belakang Balai Prajurit Palembang akan diisi oleh 35 tenant kuliner mulai dari tradisional hingga kekinian.

Festival yang rencananya akan dibuka oleh Gubernur Sumsel ini masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam berbagai kompetisi maupun yang ingin bergabung untuk tenant kuliner bisa datang langsung ke Sekretariat Hipakad Jalan Rumah Bari No 13 pukul 9.00 – 17.00 WIB. (hen)

LEAVE A REPLY