Jumlah Anggota Paguyuban Kong Hu Sumsel 800 Orang

0
141

 

 

 

RADAR PALEMBANG – Paguyuban keturunan Tionghoa di Sumsel lumayan banyak salah satunya adalah pagayuban Kong Hu. Ketua Paguyuban Kong Hu Sumsel Simon Wandra mengatakan, kalau paguyuban Kong Hu merupakan paguyuban keturunan Tionghoa pertama yang berdiri di Sumsel. “Ketua pertama sekaligus pendiri adalah XL Darmawan, kedua adalah Yusuf Masawan (alm) dan yang ketiga adalah saya,”ucap beberapa waktu lalu.

Simon mengatakan, hingga saat ini anggota paguyuban ini yang terdata mencapai 800 orang tersebar di 17 kabupaten kota yang ada di Sumsel. “ Itu yang terdata yang tidak terdata mungkin ribuan orang. Terbanyak mereka tinggal di Palembang,”katanya.

Simon juga mengatakan, kalau tujuan paguyuban ini didirikan diantaranya sebagai jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah. “Selain menjadi jembatan penghubung, Paguyuban Kong Hu juga merupakan organisasi sosial kemasyarakatan juga berperan aktif membantu sesama dan dibidang olahraga dan seni budaya,”ucapnya.

Aktivitas sosial lainnya tiap hari Minggu mulai pukul 11.00 Wib -13.00 Wib paguyuban ini menyediakan dokter untuk anggota paguyuban yang sakit dan ingin berobat. “Kita menyediakan obat generick bagi anggota kita yang kurang mampu dan bagi yang mampu kita bisa memberikan resep untuk membeli di apotik,”katanya.

Untuk aktifitas olahraga pengurus dan anggota rutin melakukan olehraga badminton dan pingpong. “Untuk badminton kita rutin latihan di gedung olahraga deket simpang Golf sedangkan olahraga pingpong kita rutin olahraga di Letkol ISkandar depan hotel Wisata,”ujarnya.

Untuk seni budaya, anak-anak muda paguyuban ini yang jumlah sekitar 200 orang rutin latihan barongsai dan wushu. “Dua seni budaya ini terus kita lestarikan,”jelasnya(sep)

LEAVE A REPLY