Jeffry AM Dendeng Komisaris Independen BSB

0
2557

RADAR PALEMBANG – Kekosongan kursi jabatan Komisaris Independent Bank Sumsel Babel, dipastikan sudah terisi. Adalah mantan CEO BNI Regional Palembang Jeffry AM Dendeng yang terpilih, dirinya dinyatakan lulus fit and proper test yang dilakukan Otoritas Jasa Kauangan (OJK).

Dengan terisinya kursi Komisaris Independen berarti jajaran komisari BSB sudah terisi semua. Kekosongan kursi komisaris independent sudah terjadi sejak 23 Desember 2013 lalu, karena pejabat sebelumnya Rozi A Sabil diplot masuk kejajaran direksi dengan menjabat sebagai Direktur Kepatuhan.

Nama Jeffry AM Dendeng bukanlah nama baru di dunia perbankan Sumsel. Sebab, sosok Jeffry sangat kental dengan BNI, dia pernah menjabat sebagai CEO BNI Regional Palembang hampir lima tahun lebih. Baru awal tahun lalu ia pensiun dari BNI. Namun karir dan pengalamannya di dunia perbankan memancing minat petinggi dan pemegang saham BSB untuk menggunakan jasanya sebagai komisaris independent mendampingi Rektor Unsri Prof Dr. Badia Perizade SE MBA.

Kepastian terpilihanya Jeffry AM Dendeng diungkapkan langsung Wakil Ketua OJK Kantor Cabang Palembang Achmad Darimy. Menurutnya, Jeffry terpilih setelah menyisihkan tiga kandidat lain. Di antaranya Jet Rizal dari BNI dan Hery Priambodo mantan kepala cabang Bank Syariah Mandiri (BSM) Palembang yang diajukan pemegang saham.

“Surat keputusan lulus fit and proper test sudah dikirim ke BSB sejak pekan lalu, untuk tindak lanjut kapan yang bersangkutan mulai bekerja. Semua itu diserahkan kepada internal dari BSB. Sebab, ranah OJK selaku regulator hanya sampai pada penetapan terpilih. Karena yang bersangkutan sudah lulus uji kelayakan di Jakarta maka bisa langsung menduduku jabatannya,” ujar Darimy.

Bank BSB cukup lama mengalami kekosongan komisaris, terhitung sejak Desember tahun lalu hingga saat ini. Pemegang saham baru mengajukan 4 orang untuk mengikuti tes. Menurut Darimy, dari hasil pengecekan asministasi hanya dua orang yang bersaing ketat dan memenuhi criteria dan akhirnya Jeffry lah yang dinyatakan lulus dan layan untuk menjadi komisaris independent di BSB.

Penetapan Jeffry sebagai komisaris independent memiliki semangat baru ditubuh jajaran pengawas kinerja BSB. Sebab berdasarkan track record sebelumnya dan yang sekarang yang mengisi posisi komisaris independent kebanyakan dari akademisi atau dari pemerintahan. Sebut saja, Rozi A Sabil sebelumnya menjadi dosen LPPI di Babel, Yusri Effendi sebelumnya menjabat sebagai Sekda Sumsel pun begitu dengan Badiah yang hingga sekarang masih menjabat sebagai Rektor Unsri.

Baru kali ini jajaran komisaris diisi oleh orang yang berasal dari industri perbankan. Namun bagi BSB, memang perbankan yang kental dengan nuansa BNI, sebab direktur utama yang sekarang menjabat Muhammad Adil merupakan jebolan BNI.

“Keberadaan komisaris sebagai penyeimbang untuk memantau bisnis perbankan, meski tidak harus berasal dari bankir. Namur, ketika yang terpilih orang yang akrab dengan perbankan itu malah lebih bagsu, sebab dari segi kondisi dan bisnis perusahaan lebih mengerti. Sehingga ketika ada kendala atau sesuatu hal yang menyimpang komisaris bisa langsung memberikan wejangan,” terangnya.

adil
Direktur Utama Bank Sumsel Babel Muhammad Adil

Pacu Kinerja Lebih Baik

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Muhammad Adil menyambut baik terpilihnya Jeffry AM Dendeng sebagai komisaris independent Bank Sumsel Babel. Dia berharap kinerja kedepan akan lebih hebat dan lebih terarah untuk terus membangun Sumsel dari segi industri keuangan bank.

Dia mengaku, dengan latar belakang Jeffry dari BNI tentu akan mempermudah komunikasi, terutama untuk memacuki kernerja. Apalagi memasuki semester kedua tahun ini, BSB mencanangkan tahunnya pengembangan bisnis, makanya membutuhkan kekuatan yang lengkap.

“Sejak Senin (1/9) lalu dia sudah mulai berkerja dan berkantor di BSB. Kehadiran bapak Jeffry sangat kita butuhkan untuk meningkatkan penetrasi bisnis. Sekarang ini kekuatan kita sudah lengkap untuk pengembangan bisnis agar lebih terarah. Kami memiliki jajaran direksi yang kuat dan komisaris yang lengkap, belum lagi sokongan dan dukungan dari pemegang saham yang kuat, kita optimis kinerja bank ini akan makin melehit lagi ditahun mendatang,” jelas Adil.

Dengan lengkapnya jajaran komisaris, berarti pengawasan terhadap kinerja BSB sudah sangat kyat. Semua pos posisi pengawas sudah terisi, tidak ada lagi kekhawatiran mengenai langkah kebijakan bisnis yang akan diambil karena semua pengawas sudah siap untuk membantu. “Sekali lagi kita optimis kinerja bank ini makin melejit sebab semua fungsi sudah berjalan,” ujarnya.

Terpisah Jeffry AM Dendeng sendiri ketika dihubungi mengaku, siap untuk bekerjasama dengan komisaris dan jajaran direksi untuk mengemban tugas sebgai komisaris independent.

“Saat ini saya sudah berkantor di BSB, namun untuk waktu efektif masih menunggu jajaran managemen, yang jelas saya siap untuk ikut memajukan bank milik pemda ini,” katanya singkat.(iam)

LEAVE A REPLY