Jamkrida Sumsel Kantongi Untung Melejit

0
228

 

RADAR PALEMBANG, – PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumsel terus menunjukkan kinerja yang cemerlang. Di tahun keempat ini, perusahaan milik Pemprov Sumsel ini mencatatkan pertumbuhan laba hingga enam kali lipat dari tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Jamkrida Sumsel, Dian Askin Hatta mengatakan, capaian kinerja yang positif tersebut tak lepas dari support penuh Pemprov Sumsel.

“Alhamdulillah, meski baru berusia muda kami sudah mampu memberikan sumbagsih bagi pendapatan asli daerah (PAD) Sumsel,” kata Askin usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun buku 2017, Selasa (22/5).

Dijelaskan, tahun 2017, pihaknya mampu mencetak laba Rp 3,6 miliar jumlah tersebut meningkat cukup pesat jika dibandingkan raihan di tahun sebelunya yang hanya Rp 567 juta. “Dari total laba tersebut, 50 persen merupakan dividen kepada pemegang saham dalam hal ini Pemprov Sumsel,” katanya.

Secara kinerja, nilai total penjaminan kredit yang dibukukan mencapai Rp 1,1 triliun sebelum re asuransi, dan berhasil memperoleh Imbal Jasa Penjaminan (IJP) sebesar Rp 19 miliar, baik dari penjaminan kredit maupun surety bond.

Terkait RUPS kali ini, Pemprov Sumsel kembali menyuntikan modal sebesar Rp 10 miliar kepada Jamkrida Sumsel, dengan demikian jumlah modal Pemprov yang ada di perusahaan ini mencapai Rp 62,75 miliar.

Askin yang juga menjabat sebagai Sekjen Asosiasi Perusahaan Penjamian Indonesia (Asippindo) ini memambahkan, berkat dukungan pemerintah Provinsi Sumsel dalam hal ini Gubernur H Alex Noerdin yang telah membantu baik melalui penambahan modal, gedung kantor dan arahan beliau ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menggunakan produk surety bond sangat baik, sehingga sebagian pendapatan Jamkrida ditopang dari IJP dari sektor tersebut.

“Tentunya juga dikungan dari Bank Sumsel Babel yang memberikan IJP kepada kami melalui cabang-cabangnya. Diharapkan kedepan dapat memberikan IJP lebih besar lagi minimal 50 persen dari total premi setiap bulan dapat diberikan kepada kami sesama BUMD Pemprov Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengapresiasi atas capaian kinerja positif yang dicatatkan oleh Jamkrida Sumsel. Menurutnya, meski baru beroperasional beberapa tahun, tapi Jamkrida sudah bisa berkontribusi terhadap pemasukan kas daerah. “Semoga capaian positif ini dapat terus ditingkatkan untuk selanjutnya, ” katanya.

Selain itu, kata Alex, agar Jamkrida bisa tumbuh lebih besar dan untung. Sehingga bisa menopang pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Sumsel. “Dari laporan yang saya simak tadi, kinerjanya bagus. Jamkrida ini merupakan BUMD yang menjadi aset Pemerintah Provinsi selain dari Bank Sumsel Babel juga,” katanya.

Alex menambahkan, pada kesempatan tersebut, dirinya juga mengundang komisaris utama Bank Sumsel Babel sehingga dapat mendengarkan langsung terkait beberapa hal yang telah direncanakan oleh Jamkrida kedepan. Dengan demikian, ada sinergi yang kuat antar BUMD untuk membangun Sumsel lebih baik lagi.(tma)

LEAVE A REPLY