Jamin Volume Kredit Hingga Rp 3,5 Triliun

0
706

RADAR PALEMBANG – Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) cabang Palembang di tahun ini menargetkan dapat menjamin volume kredit hingga sebesar Rp 3,5 triliun. Target penjaminan tersebut relatif sama dengan tahun lalu.
Kepala Jamkrindo Cabang Palembang, Heriyanto Nugroho mengatakan, meski tidak ada perubahan dalam proyeksi target penjaminan, namun untuk pendapatan laba rugi ditargetkan meningkat menjadi Rp 49 miliar dari tahun lalu sebesar Rp 39 miliar. “Sektor yang potensial akan meningkat di tahun ini antara lain penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Apalagi porsi penyalurannya secara nasional ditambah,” kata dia, Selasa (31/1).
Heri menjelaskan, untuk peningkatan laba rugi yang ditarget naik, mekanisme yang dilakukan meliputi efesiensi biaya dan pelaksanaan sentralisasi pengelolaan dana dari cabang ke kantor wilayah atau pusat. “Artinya pengeluaran cabang tentu akan lebih efisien,” katanya.
Sementara sebelumnya, Kepala Kanwil 2 Jamkrindo Palembang, Wakhyu Hidayattullah mengatakan, pihaknya memfokuskan untuk memperbesar porsi share penjaminan dari produk suretyship. Mengingat masih besarnya potensi yang dapat dikembangkan dari sector tersebut.
Dengan demikian, diharapkan share dari sejumlah produk di suretyship yang meliputi surety bond, custom bond, payment bond, bank garansi, dan penjaminan cargo dapat memberikan kontribusi yang berimbang dengan produk bank. “Target kami setidaknya mampu mencapai peningkatan sekitar 20 persen dari produk suretyship ini,” katanya.
Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan peran serta tim-tim pemasaran atau agen Jamkrindo yang berada disejumlah daerah, khususnya agen yang keberadaanya cukup jauh dari kantor cabang Jamkrindo.(tma)

LEAVE A REPLY