Jalan Indralaya- Palembang Segara Diperbaiki, Minta Kendaraan Overload Ditertibkan

0
55
Kepala  BBJN V Syaiful Anwar

RADAR PALEMBANG –  Balai Besar Besar Jalan Nasional (BBJN) Wilayah V perbaikan jalan sepanjang 29 Km  mulai dari batas Indralaya sampai Jalan Yusuf Singadekane- Jalan Soekarno Hatta- Alang-Alang Lebar (terminal)  Palembang akan diperbaiki oleh  APBU (kerjasama antara pemerintah dan badan usaha).

“Pola kerjasamanya dimana badan usahanya sudah kontrak dengan kita itu 3 tahun, mereka kerja dulu mulai tahun keempat sampai ke tahun 5 itu layanan pemeliharaannya, tahun keempat baru dilakukan pembayaran,”kata kepala  BBJN V Syaiful Anwar, Selasa (15/9).

Jadi, dikatakan Syaiful full tiga tahun pertama dikerjakan swasta itu pemenangnya PT Jalintim Adi Abipraya (konsorsium Adi Karya dan Adi Abipraya).

kemudian pihaknya juga akan membangun dua unit penimbangan  berat kendaraan UPPKB yaitu  di Betung (Km 12) dan di Jalan Yusuf Singadekane hal ini untuk menertibkan kendaraan yang overload.

“ Barang-barang overload akan diturunkan dan tidak dimasukkan dalam gudang dan akan dialihkan dengan kendaraan sesuai dengan beban,”katanya.

Ditambahkan Syaiful Palembang akan menjadi pilot projek Kementrian PU PR pertama pembangunan jembatan penimbangan.

“Oleh karena itu dengan adanya jembatan timbang ini tidak ada lagi pengusaha atau sopir truk yang melintas di jalan overload, karena kelebihan kapasitas akan membuat jalan cepat rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumsel, Junaidi meminta kepada BBJN dan pihak lainnya tidak hanya fokus perbaikan dan pemeliharaan jalan saja namun juga ditertibkan kendaraan bertonase besar yang overload sehingga membuat jalan cepat rusak.

“Program kita  kedepan bukan hanya menghabiskan anggaran hanya untuk perbaikan maupun pemeliharaan jalan saja namun dilapangan ditertibkan kendaraan yang overload, karena jalan cepat rusak karena kendaraan overload ini lah,” ujarnya.(zar)

 

LEAVE A REPLY