Jaga Ekonomi Tetap Positif , BI Ingatkan 5 Hal

0
77
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Yunita Resmi Sari

RADAR PALEMBANG – Tren ekonomi Sumsel diprediksi bakal meningkat di tahun 2020. Hal ini dilihat dari capaian yang ekonomi pada tahun 2019 yang terbilang cukup baik di tengah perang dagang internasional.

Ada lima hal yang harus menjadi fokus serius dari seluruh pihak terkait. Mulai dari menjaga iklim investasi yang positif, inflasi yang rendah, ketersediaan pasokan, mendukung sektor kembangnya UMKM hingga perhatian khusus ke sektor pariwisata.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Yunita Resmi Sari mengatakan Sumsel merupakan provinsi cukup baik dalam memanage perekonomian seperti tahun 2019 lalu.

Sehingga, berdampak baik dalam pertumbuhan ekonomi di Sumsel. Karena itu, pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi di Sumsel mampu meningkat dari semula 5,1 persen menjadi 5,5 persen ditahun 2020.

“Pertumbuhan ekonomi di Sumsel ini mampu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional kalau Sumsel bisa memenagenya lagi,” katanya.

Pertumbuhan ekonomi ini dipengaruhi oleh iklim investasi yang positif, inflasi yang rendah, ketersediaan pasokan dan lain sebagainya. Meskipun begitu di tahun 2020 mendatang, dirinya menyarankan agar dilakukan pengembangan terhadap komoditas yang memiliki nilai jual seperti kopi.

Selain itu, juga lakukan pengembangan Usaha Kecil Mikro dan Menengah atau UMKM dan destinasi wisata mengingat Sumsel sangat kaya potensi alam yang dapat disajikan serta penguatan dalam sistem transportasi di Sumsel.

Karena itu, dirinya mengajak semua pihak bersama-sama menjaga momentum positifnya pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan. “Mari kita bersama mewujudkan semua ini sehingga ekonomi di Sumsel semakin baik lagi,” jelas dia.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan tren positif pertumbuhan ekonomi di Sumsel ini merupakan kerja keras dari seluruh kepala daerah di Sumsel. Hanya saja, memang masih banyak catatan yang harus diperhatikan kembali kedepannya.

Ia mengakui jika gonjangan ekonomi sangat dirasakannya di tahun 2019. Ditambah lagi fasilitas yang belum maksimal seperti pelabuhan di Sumsel. “Tapi berkat kerjasama kita berhasil mewujudkan ekonomi di Sumsel lebih baik di tahun 2019 ini,” ujar dia. (dav)

 

 

LEAVE A REPLY