Ishak Dorong Hidupkan Kembali Lapter Bandingagung

0
6355
RADAR PALEMBANG,  Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H. Ishak Mekki menyatakan siap mendorong rencana Pemkab Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang akan menghidupkan kembali lapangan terbang (Lapter) perintis yang terletak di Desa Bandingagung, Kecamatan Bandingagung. Pernyataan ini sekaligus mengulas sambutan Bupati OKUS, Popo Ali yang telah membuat proposal kepada Menteri Perhubungan guna mengaktifkan kembali Lapter tersebut.
Menurut Wagub, dengan hidupnya kembali Lapter yang pada era 1990-an pernah aktif dan didarati oleh pesawat jenis Casa itu, maka akan mendorong pula lajunya kehidupan wisata Danau Ranau yang terkenal itu.
“Baik sebagai pemerintah maupun secara pribadi, saya akan dorong apa yang dikemukakan oleh Bupati OKUS tadi bahwa pihaknya telah mengajukan proposal untuk dipaparkan ke Menhub mengenai urgensi hidupnya kembali Lapter ini,” tegas Ishak dalam sambutannya ketika membuka Festival Danau Ranau (FDR) ke 21, Kamis (14/12).
Danau Ranau, kata mantan Bupati OKI dua periode ini, adalah salah satu kawasan wisata andalan Provinsi Sumsel yang sebenarnya telah terkenal di antero negeri ini bahkan di manca negara. Namun kawasan tersebut masih dirasa sangat jauh jaraknya terutama dari ibukota provinsi maka perkembangan terasa lamban.
“Untuk mempercepat kemajuan kawasan wisata ini, tak lain adalah tersedianya infrastruktur yang baik seperti jalan-jalan yang bagus dan lebar termasuk beroperasinya kembali Lapter Bandingagung yang pernah diresmikan pemakaiannya di era Gubernur Ramli Hasan Basri. Ke depan, saya janji akan ikut mengintervensi dan mendorong pembangunan infrastruktur dimaksud,” katanya disambut tepuk tangan riuh ribuan masyarakat yang hadir di acara pembukaan FDR itu.
Wagub Ishak Mekki di bagian akhir sambutannya, selain mengucapkan selamat atas berlangsungnya kalender tahunan Pemkab OKUS berupa FDR ini, juga menyampaikan optimismenya jika kawasan wisata ini maju maka kehidupan perekonomian warga sekitar dan warga Kabupaten OKUS akan meningkat.
Bupati OKUS, Popo Ali dalam laporannya menjelang pembukaan mengatakan bahwa secara usia FDR ini telah cukup matang yakni telah 21 kali dilaksanakan. Dan, kalender tahunan Pemkab OKUS ini telah menjadi agenda pula bagi kepariwisataan secara nasional.
Namun, katanya, untuk memajukan sebuah kawasan wisata seperti Danau Ranau ini sangatlah tidak mudah. Tentunya bantuan dari semua pihak sangat diperlukan termasuk dukungan dari Pemprov Sumsel.
Hadir di pembukaan festival, Kepala Biro Hukum Kemenpar, M. Iqbal, anggota DPR RI asal OKUS, Erwin Singajuru, anggota DPRD Sumsel, H. Zainuddin, para pejabat Pemprov Sumsel maupun Pemkab OKUS dan perwakilan Pemkab/kota se Sumsel.(rel)

LEAVE A REPLY