Inovasi Sederhana Ciptakan Pelayanan Publik

0
885

 

RADAR PALEMBANG – Satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) pemerintah daerah di tuntut Kreatif dan Inovatif. Aparatur pemerintah yang bekerja Inovasi, diharapkan dapat menghasilkan pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Muara Enim, Ir H. Muzakir Sai Sohar melalui Kepala Bappeda Muara Enim Dr. Ir H.Abdul Nadjib .MM dalam sosialisasi masalah laboratorium Inovasi Daerah ( LID ).  “Inovasi sudah menjadi kebutuhan bagi aparatur yang ingin sukses,” jelas Dr. Ir H.Abdul Nadjib .MM.

Pemkab yang tidak bisa melakukan Inovasi, tidak bisa daya saing untuk meningkatkan daerah. Disebutnya, inovasi tidak mesti merupakan hal yang berat. Tapi hal yang sederhana bisa dilakukan dengan melakukan inovasi.

Hanya saja, mesti ada evaluasi sebelum pelaksanaan dan setelah pelaksanaan inovasi itu, apakah memiliki kemajuan. Terbukti, kata Dr. Ir H.Abdul Nadjib .MM , sudah banyak Top 99 inovasi disematkan kepada beberap daerah atas inovasinya. Seperti sinergitas Bidan dan dukun desa di Aceh Singkil dalam menurunkan angka kematian bayi. Lalu, ada juga SMS sehat bagi masyarakat Jambi, kantor orang miskin di Sragen.

Sedangkan Kabupaten Muara Enim dangan Program Gerbang Serasan. Hadir dalam kegiatan itu pejabat dilingkungan Pemkab Muara Enim dan perwakilan SKPD. Sedangkan nara sumber hadir Deputi Administrasi Negara dari LAN, Tri Widodo, dan Kepala Pusat Inovasi LAN, Dr Basseng.

Ditambahkan, Inovasi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kinerja pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan melakukan inovasi diharapkan dapat memiliki nilai guna dan manfaat. Dari inovasi diHarapkan dapat memiliki nilai guna dan manfaat. Dari inovasi tersebut akan dijabarkan ide dalam implementasi kepada masyarakat.(adv/ian)

 

 

LEAVE A REPLY