Ini Tantangan Media Pada Era 4.0

0
347

 

RADAR, PALEMBANG – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri), menggelar Kuliah Umum bertajuk Tantangan Dunia Jurnalistik Pada Era 4.0. Panita mengundang Dr Aceng Abdullah M Si selaku Ketua Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran.
Kuliah umum dibuka oleh Wakil Dekan FISIP Universitas Sriwijaya, Prof Dr Alfitri M Si yang didampingi oleh Ketua Jurusan Ilmu komunikasi FISIP UNSRI Dr Andries Lionardo, SIP Msi. Acara ini juga dihadiri Dosen tetap jurusan dan dosen praktisi serta mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya.
Menurut Aceng, ada empat tantangan dunia jurnalistik masa kini; Pertama, perkembangan teknologi komunikasi. Kedua, perubahan pola penggunaan media. Ketiga, persaingan dengan media sosial. Keempat, berubahnya khalayak media.
Menghadapi tantangan tersebut, Aceng menyampaikan, media massa harus melakukan perubahan. Konten media harus menyesuaikan dengan karakteristik khalayak dan perubahan sosial yang tengah berlangsung. Penyajian media massa harus lebih menarik dengan menerapkan jurnalisme visual.Membuat konvergensi media atau multi-platform baik untuk konten maupun iklan.
Begitu juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM) media massa dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan abad ke-21 (21st Century Skill) yang memiliki kemampuan 4C yaitu Creativity (kreatifitas), berpikir kritis, (kemampuan berkomunikasi, dan kolaborasi. “Agenda ini sangat bermanfaat dan semoga selanjutnya akan ada agenda jurusan selanjutnya,”ujar Aceng.
Deska selaku salah satu mahasiswa komunikasi FISIP Unsri, mengatakan bahwa kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa komunikasi terutama konsentrasi jurnalistik.
Di tempat terpisah, ketua jurusan Ilmu Komunikasi UNSRI, Dr Andries Lionardo mengatakan, dalam rangka pengembangan kualitas jurusan acara kuliah umum hari ini adalah agenda kuliah yg pertama dari total enam kegiatan akademik semester ganjil 2019. Ini, antara lain Kuliah Umum Bapak Edy Koko (Praktisi media radio nasional), Dr Ebrahim Panah dari Republik Iran, dan ada tiga pelatihan jurnalistik TV, jurnalistik Radio dan kehumasan. Kita berharap agar mahasiswa Komunikasi UNSRI bisa bersaing di kancah nasional dan internasional. (zar)

LEAVE A REPLY