Ini Calon Kuat Ketua DPD Golkar Sumsel

0
427

 

RADAR PALEMBANG – Jelang musyawarah daerah (musda) partai Golkar DPD Provinsi Sumatera Selatan yang akan berlangsung maret mendatang, sejumlah kandidat dari tokoh senior Golkar Sumsel bermunculan. Tiga figur menguat. Mereka adalah, Bupati Muba Dodi Reza, Walikota Prabumulih Ridho Yahya dan Kahar Muzakir yang saat ini menjadi anggota DPR RI.

”Bagi ketiga tokoh Kursi Ketua DPD sangat penting untuk kepentingan politik pada pilkada Sumsel tahun 2023 mendatang. Mereka punya kepentingan politik untuk tahun 2023. Oleh karena itu, untuk memuluskan niat politik maka kursi Ketua harus direbut atau dipertahankan,”kata pengamat politik Universitas Sriwijaya (Unsri), Andries Lionardo, Kemarin (11/2).

Menurutnya, dilanjutkan Andries, secara teori politik Alex dan Kahar memiliki kedekatan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, karena sebagai anggota DPR RI. Sedangkan Mawardi Yahya yang juga kaka kandung Ridho Yahya, memiliki kedekatan dengan kader lokal karena berkiprah sebagai wagub. “Semua memiliki peluang yang sama besar untuk menempatkan orang-orang mereka sebagai ketua DPD,”ujar dia.

Jika memilih Mawardi, Golkar lebih diuntungkan dapat mengerakan, mengelola dan membesarkan Golkar daej kecamatan hingga provinsi sebagai wagub. Meski bukan Mawardi secara langsung yang menakhodai Golkar. Sementara itu, pengamat politik dan sosial, Bagindo Tegar mengungkapkan bahwa perebutan kursi DPD nanti akan sengit dan keras karena elit politik dari 3 tokoh yaitu Alex, Mawardi dan Kahar punya kepentingan dengan Golkar untuk 2024.

“Hampir semua unsur kekuatan dimiliki oleh ketiga elite itu, mulai dari modal politik, sosial, network, empirikal juga finansial relatif sama kekuatannya. Artinya kembali kepada kecerdasan strategi pemenangan dan kemampuan meyakinkan peserta musda serta peran elite DPP Partai Golkar,”ujarnya.

Akan tetapi, yang perlu ” diwaspadai “para kader maupun elite adalah infiltrasi kekekuatan politik lain diluar Partai Golkar, yang mencoba mereduksi pengaruh,pengalaman juga kapabilitas partai ini dalam ” pengelolaan pemerintahan didaerah.
“Tentu saja atensi, trust dan legitimasi publik/ simpatisan tentu saja perlu perhatian aeksama dari para kader atau elite partai yang sering berjaya dalam kontestasi politik diwilayah Sumsel,”tukasnya.

Sebelumnya Alex Noerdin menyatakan Musda Golkar akan berlangsung 5 maret mendatang, ia mempersilahkan siapa saja yang akan maju sebagai ketua nmaunebih diprioritaskan kader Golkar.(zar)

LEAVE A REPLY