IDB Luncurkan Pembiayaan Infrastruktur Terbesar

0
528

 

RADAR PALEMBANG – Islamic development Bank (IDB) baru saja mengeluarkan dana pembiayaan infrstruktur sebesar 2 Miliar USD, modal swasta terbesar untuk melayani pembiayaan infrastruktur di 57 negara anggota IDB. Pembiayaan infratruktur modal swasta ini diberinama IDB Fund II.

Menanggapi momentum peluncuran pembiayaan tersebut, Presiden IDB Dr Ahmad Mohamed Ali mengatakan bahwa total dana yang dikucurkan untuk pembiayaan kali ini tiga kali lipat lebih besar dari total pembiayaan sebelumnya.

“Dengan melihat kesuksesan peluncuran dana pembiayaan periode pertama, IDB dan para investor pendiri melipatgandakan kucuran dana periode 2 ini hingga tiga kali lipat menjadi 2 Miliar USD,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut, Ali menyatakan, IDB bisa menggalang dana sekitar lebih dari 24 Miliar USD untuk mendukung program pembangunan infrastruktur di Negara-negara anggota IDB.

IDB Fund II adalah penerus/pengganti dari IDB Fund I yang telah berhasil membukukan keuntungan sebesar 18%. IDB Fund I berhasil memberikan keuntungan sebesar 1,7 kali lipat dalam proyek-proyek besar seperti AirAsia di Malaysia dan Saudi International Petrochemical Company di Saudi Arabia

IDB Fund II ini akan memiliki fokus pada beberapa sektor yang luas seperti telekomunikasi, listrik, transportasi, pertambangan, logistic, kesehatan, pendidikan sekaligus jasa keuangan.

Didukung penuh oleh Badan Pensiun Publik dan Dana Investasi Publik  Arab Saudi, Kementrian Keuangan Bahrain dan Brunei Darussalaam sebagai investor awal, seluruh pihak berkomitmen sebesar 750 Juta USD sebagai awalan. (pur/huk)

BAGIKAN
Berita sebelumyaSita Makanan Berformalin
Berita berikutnyaArus Balik Memuncak

LEAVE A REPLY