Hujan Sepekan Jalan Banyak Palembang Rusak

0
660

 

RADAR PALEMBANG – Hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, membuat ratusan titik jalan di Kota Palembang mengalami pengikisan, air hujan yang menggenangi ruas jalan, membuat berlubang jalan kota. Tidak tanggung-tanggung pantauan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) III hampir di semua titik jalan nasional yang tergenang mengalami kerusakan.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Metropolitan (BBPJN) III Kementerian Pekerjaan Umum Ir Gunawan mengatakan pasca hujan deras, seperti di Jalan Soekarno Hatta, Kolonel Burlian, Jalan Sudirman, Jalan Ryacudu mengalami kerusakan. Mulai dari pengelupasan aspal, hingga berlubang kecil hingga cukup besar.

“Titiknya sangat banyak, kami belum sempat mendata, tapi jalan yang berlubang  dari monitoring petugas kami mencapai ratusan. Titik paling banyak pantuan sementara di kawasan Burlian dan Soekarnohatta,”kata Gunawan, kemarin (29/11).

Dikatakan dia, antisipasi makin parahnya jalan di Kota Palembang akan dilakukan dalam waktu dekat, saat ini sedang dalam proses pendataan titik jalan yang paling parah, untuk selanjutnya dilakukan penanganan sementara.

“Untuk minimalisir dampak yang lebih besar lagi, kami akan melakukan penampalan sementara, sebab genangan air hujan selama 24 jam saja sudah bisa membuat lubang. Apalagi sering dihantam truk besar,”katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mengatakan, jalan rusak di Kota Palembang karena truk besar yang masih nekat melintasi jalan. Saat hujan, jalan sangat mudah rusak.             “Paling banyak rusak di jalan lingkar luar, atau di kawasan perumahan ujung perkotaan. Saat hujan, apalagi sampai tergenang jalan mengalami pengikisan, bahkan rusak dan membuat jalan yang berlubang kecil, menjadi besar karena dihantam truk ini,”jelas Budi.

Dia mengklaim truk besar ini harus dibatasi notasenya, tidak ada lagi truk bermuatan lebih yang melintas jalan kota. Sebab, standar kualitas jalan di Kota Palembang tidak kuat menahan beban truk yang bermuatan lebih. Seharusnya truk-truk yang bernotase besar ini tidak boleh lagi melintas di jalan, kalau mau jalan muatannya harus dibatasi atau dikurangi,”tukasnya. (zar)

LEAVE A REPLY